Program P3A Tembong, Keluar Dari Skala Prioritas

628

SERANG (Banten) ketikberita.com | Program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI) merupakan bantuan program dari kementrian pusat diperuntukan bagi pemerintah kota maupun kabupaten,sesuai pengajuan sebelumnya dan bermanfaat,guna memperlancar aliran air untuk mengaliri pesawahan warga.

Sudah tentu program tersebut dalam pelaksanaannya harus sesuai prosedur pemerintah pusat.Namun yang terjadi di kelurahan Tembong,kecamatan Cipocok Jaya,kota Serang. berdasarkan hasil pantauan awak media dilokasi pada Senin 19 Juni 2023, terlihat pemasangan batunya asal-asalan dan tidak rata, bahkan aliran air kebanyakan mengalirnya ke kali atau ke sungai bukan kepersawahan.

Menurut seorang pekerja, pemasangan batu sesuai dengan intruksi ketua P3A.

“Saya cuma kuli ajah,adapun pemasangan seperti itu saya laksanakan sesuai intruksi ketua”, Ungkap pekerja.

Pekerja mengakui jika hasil pekerjaannya menyebabkan air mengalir lebih banyak ke kali atau ke sungai bukan ke sawah.

“Ia air yang ke sawah mengalirnya sedikit,lebih banyak ke kali”,Terangnya.

Pada umumnya pekerjaan P3A adanya pada aliran persawahan bukan perumahan warga. Ditemukan pondasi pekerjaan P3A menumpang ditembok pagar beton kurang lebih satu meter.

Awak media coba konfirmasi ketua P3A melalui WhatsApp,untuk mendapatkan penjelasan soal lokasi kegiatan yang masuk ke wilayah pemukiman, namun sampai berita ini tayang belum ada respon dari yang bersangkutan.

Pekerjaan bernilai 195 juta minim pengawasan, tidak terlihat kehadiran konsultan pengawas atau tenaga pendamping masyarakat(TPM) saat awak media berada di lokasi. (Hin)