“Praja Raksaka Peduli Rakyat” Salah Satu Solusi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bali-Nusra

184

DENPASAR (Sumut) ketikberita.com | Kodam IX/Udayana menindaklanjutinya program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebagaimana yang telah diprogramkan TNI AD. Rehabilitasi RTLH dilaksanakan di tiga wilayah Kodam IX/Udayana yaitu di Provinsi Bali, NTB dan NTT (Bali-Nusra).

Ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, bahwa TNI Angkatan Darat harus hadir di tengah-tengah rakyat dan menjadi solusi terhadap kesulitan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., disela-sela kegiatan olah raga bersama dalam rangka sinergi TNI-Polri dan Forkopimda Bali yang berlangsung di Lapangan I Gusti Ngurah Rai, Kesatrian Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar Selatan, pada Kamis (16/2/2023).

“Sampai dengan Triwulan I Tahun 2023 ini Kodam IX/Udayana melaksanakan program rehabilitasi rumah tidak layak huni bagi masyarakat miskin atau kurang mampu sebanyak 100 unit rumah yang dalam penentuan rehabilitasi RTLH tersebut dilakukan pendataan dan dipilih langsung oleh para Babinsa yang lebih tahu kondisi wilayah binaannya,” jelas Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, bahwa pelaksanaan di Triwulan I ini sudah mulai dikerjakan sejak tanggal 1 Februari 2023 dengan target waktu pengerjaan sekitar satu hingga satu setengah bulan.

“Dalam pelaksanaannya di lapangan, Kodam IX/Udayana bersinergi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya sehingga program ini tepat sasaran dan tepat manfaat,” ujar Pangam.

Program RTLH merupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan karena salah satu tolak ukur faktor kemiskinan yaitu adanya rumah tidak layak huni yang ditempati masyarakat.

Untuk diketahui, bahwa rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kodam IX/Udayana pada Triwulan I Tahun 2023 yang dilaunching pada tanggal 1 Februari lalu merupakan prakarsa dan bantuan Pangdam IX/Udayana dengan bertajuk “Praja Raksaka Peduli Rakyat”, yang dilaksanakan di wilayah Bali-Nusra.

Rincian rehabilitasi RTLH yang dilaksanakan Kodam IX/Udayana sampai dengan Triwulan I ini terdiri dari di wilayah Korem 161/Wira Sakti, NTT menyasar 30 unit rumah, wilayah Korem 162/Wira Bhakti, NTB dilaksanakan sebanyak 30 unit rumah, serta di Provinsi Bali yang merupakan wilayah Korem 163/Wira Satya melaksanakan rehabilitasi terhadap 40 unit rumah warga.

“Semoga apa yang diupayakan dan dikerjakan oleh Kodam IX/Udayana bisa memberikan manfaat dan sebagai sumbangsih serta kepedulian yang bisa dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki,” pungkas Pangdam. (red/Udy)