Potret Akhir Tahun 2022 Infrastruktur Kecamatan Bandar Pulau Asahan Sumut Di Sandingkan Nawa Cita Jokowi

242

ASAHAN (SUMUT) ketikberita.com | Pembangunan daerah merupakan bagian yang terintegrasi dari proses pembangunan nasional sesuai Nawa Cita Bapak Presiden RI Ir. Jokowidodo, “Desa Membangun Indonesia.” Untuk mengidentifikasi serta memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan secara berkesinambungan.

Pembangunan infrastuktur jalan yang baik, merupakan Salah satu lokomotif penggerak roda perekonomian daerah, ditentukan oleh komitmen pemerintah daerah itu sendiri, dalam menata infrastruktur di daerah pedesaan, sebagai sektor hulu dengan produktifitas pertanian pada umumnya.

Menurut Tokoh Pemuda Asahan, Sudirman Marpaung ,Jumat (30/12/2022) Di Kedan Cafe Aek Songsongan, Hari ini kita berbicara infrastruktur Jalan di Kecamatan Bandar Pulau, Asahan Sumatera Utara.

Foto : kondisi jalan lintas Desa Perkebunan Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, di tahun 2022.

Sarana jalan yang baik, tentu berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di desa, antara lain peningkatan nilai konsumtif, produktivitas sumber daya alam (SDA), tenaga kerja dan akses dinamika ketersediaan lapangan kerja itu sendiri, serta peningkatan kemakmuran rakyat dalam global stabilitas ekonomi makro, cetus Dirman.

Dirman juga menerangkan, infrastruktur yang buruk akan berdampak pada menurunnya kualitas hidup masyarakat, tingginya cost (biaya) transportasi, energi, pendidikan, kesehatan, telekomunikasi,dan fasilitas lainnya, selalu menghantui masyarakat, Ungkapnya.

Hari ini saya miris melihat buruknya Infrastruktur jalan di kabupaten Asahan, khususnya Kecamatan Bandar Pulau, yang merupakan, kecamatan induk, (d/h Kecamatan Bandar Pulau, Rahuning dan Aek Songsongan), pemekaran wilayah kecamatan sekira tahun 2018.

Pemekaran wilayah kecamatan itu sendiri, menurut dirman, tampaknya pemkab Asahan, hari ini, dinilai banyak pihak, belum mampu merubah infrastruktur jalan khususnya, menjadi lebih baik, yang mampu menjawab lajunya arus dinamika perekonomian masyarakat di wilayah kecamatan itu, khususnya produktifitas pertanian jenis kelapa sawit, ini sangat memprihatinkan, papar Dirman

Sudirman berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan, Infrastruktur Jalan rusak Bandar Pulau Tahun 2022 merupakan sejarah pahit dan memilukan, kami, mewakili masyarakat, terus mendesak Bupati Asahan,Tahun 2023 sudah seyogianya memprioritaskan pembangunan jalan di Bandar Pulau, sebab Fasilitas jalan yang baik, merupakan tonggak tumbuhnya ekonomi di pedesaan yang dapat mendukung stimulan ekonomi di perkotaan (sektor hilir), pungkasnya. (KBM/SM)