Polres Nias Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba Tahun 2022

258

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K. menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba Tahun 2022 (Pengamanan Pelaksanaan Pilkades di Wilayah Kabupaten Nias), dengan Perwira Apel Kasat Samapta AKP A. Zendrato dan Komandan Apel Kanit I Sat Reskrim Ipda D. Laloli yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Desa Hiliweto Kec. Gido Kab. Nias, Selasa (11/10/2022) pagi.

Apel Gelar Pasukan ini diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pembina Apel, dilanjutkan dengan penyematan Pita Operasi Mantap Huta Toba Tahun 2022 kepada perwakilan dari Kodim 0213/Nias, Sat Samapta (Dalmas) Polres Nias, Bhabinkamtibmas Polres Nias, Satpol Kab. Nias dan Linmas Kab. Nias.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Nias selaku Pembina Apel membacakan amanat “ bahwa Apel Gelar Pasukan yang kita laksanakan Hari Ini untuk dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan aparatur pemerintah dan jajaran pengamanan baik dari unsur Polri, TNI, Satpol PP maupun perkuatan lainnya serta kelengkapan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan tugas pengamanan pemilihan Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Nias Tahun 2022 “.

“Selain itu pelaksanaan apel gelar pasukan ini, untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap semua unsur pelaksana pilkades ini, agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar, aman dan sukses “ Ungkap Luthfi.

“Dalam pelaksanaan Pengamanan Pilkades Tahun 2022 di Kabupaten Nias kekuatan Personil yang dilibatkan berjumlah 1.052 personil yang merupakan gabungan personil pengamanan baik polri, tni dan linmas yang akan melaksanakan kegiatan pengamanan pada 124 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 124 desa pada 10 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Nias“, Terang Luthfi.

Jika Kita cermati dari Perkembangan situasi saat ini dan Pelaksanaan Pilkades di Wilayah lainnya, maka kitapun dihadapkan pada berbagai potensi kerawanan dalam Pelaksanaan Pilkadesdengan adanya berbagai latar belakang, baik dari segi aspirasi, Politik, Geografis, Marga/kekerabatan dan kepentingan lainnya, kondisi ini sangat berpotensi menimbulkan terjadinya konflik, bentrok massa, yang apabila tidak diantisipasi dengan baik, dapat berkembang menjadi kerusuhan sosial yang pada akhirnya memungkinkan akan terjadi chaos dan gagalnya pemilihan kepala desa tahun 2022 di Kabupaten Nias ini.

“ Oleh Karena itu, kami menghimbau dan mengajak untuk bersama-sama mencermati Potensi kerawananpada setiap Tahapan Pilkades, terutama pada Tahap Inti yang diawali kegiatan Kampanye mulai 19 sampai dengan 21 November 2022, masa tenang dan puncak kegiatan pemungutan suara hari Jum’at 25 November 2022, hingga pelantikan Kepala Desa terpilih tanggal 29 desember 2022 “ pungkas Luthfi.

Lanjut dikatakan oleh Kapolres Nias bahwa “ Selama proses tahapan Pilkades, diprediksi akan muncul dan berkembang berbagai issue – issue negatif yang bersifat Provokatif, money politik dan sebagainya, termasuk gangguan keamanan terhadap Logistik Pilkades, maka perlu saya sampaikan beberapa penekanan, Pahami, kuasai dan kerjakan dengan sungguh – sungguh sesuai prosedur apa yang menjadi tugasnya dalam pengamanan pemilihan Kepala Desa tahun 2022, Galang dan bina seluruh potensi masyarakat, agar mau memberikan informasi tentang hal – hal yang berkaitan dengan gangguan kamtibmas dan turut aktif berpartisipasi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, Siapkan fisik dan mental yang prima serta jaga kekompakan antara sesama unsur pengamanan termasuk dengan penyelenggara pilkades, Bertindak jujur, adil dan netral dalam bertugas dan Selain bekerja keras dalam melaksanakan tugas, jangan lupa berdo’a untuk keamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala des tahun 2022 “.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md., Sekda Kab. Nias Samson Zai, S.H.,M.H, Mewakili Dandim 0213/Nias oleh Danramil 01/Gido, KAPTEN INF F. Zebua, S.H., Inspektur Daerah Kab. Nias, Andhika P. Laoli, SSTP., M.Si., Para Kepala OPD Kab. Nias, Para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Nias, Para Perwira Polres Nias, Para ASN Pemkab Nias, Personil Polres Nias, Personil Kodim 0213 /Nias, Personil Satpol PP Kab. Nias dan LinmKab. Nias (r/red).