Polda Sumut Gelar 206 Pos Jelang Arus Mudik Lebaran 2023

175

MEDAN ketikberita.com | Bertempat di Studio 2 TVRI Medan, Polda Sumut hadiri Talk Show “Markombur” secara Live bertema Kesiapan Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2023.

Terlihat di Studio yang menjadi narasumber, Kasubbid Penmas Bidhumas Poldasu AKBP Dr. Herwansyah Putra, S.H., M.Si. bersama Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Pemprovsu Ramli Simamora, S.E. serta dibawa pemandu acara Muhammad Azril
dan Azifa Zaeraniz, Kamis (13/04).

Polda Sumut dan Seluruh Satuan Wilayah didukung TNI, serta Pemerintah Daerah akan melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ops Ketupat Toba 2023 di wilayah Sumatera Utara terhitung mulai tanggal 18 April 2023 hingga 01 Mei 2023 yang mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif guna pengamanan arus mudik lebaran 2023 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah dengan aman dan nyaman.

“Berdasarkan hasil survei, Prediksi pergerakan masyarakat pada arus mudik lebaran 2023 meningkat sekitar 14, 2 % (persen) di Indonesia. Di wilayah Sumatera Utara peningkatan diprediksi 3,6 %” atau 4,4 juta Jiwa ujar Kasubbid Penmas.

Guna memberikan kenyamanan kepada pemudik yang akan pulang ke kampung halaman, Polda Sumut juga telah menyiapkan 206 Pos dengan perincian 110 Pos Pengamanan, 68 Pos Pelayanan, dan 28 Pos Terpadu yang tersebar di wilayah provinsi Sumatera Utara. Rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan oleh Polda Sumut agar kondisi lalu lintas di jalan tetap aman dan lancar mengingat prediksi jumlah kendaraan arus mudik akan meningkat.

“Kami menyarankan pemudik nantinya berangkat di siang hari, karena kalau di siang hari kita bisa lebih fokus dan tidak mengantuk apabila lelah bisa berhenti di Pos Pelayanan yang telah kami siapkan”, ucap Mantan Wakapolres Belawan tersebut.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menyiapkan sarana dan prasarana angkutan massal yang memadai. Sejumlah langkah antisipasi yang telah disiapkan yaitu dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas bersama stakeholder terkait pada simpang serta ruas jalan baik jalan tol dan non tol, membatasi angkutan barang bahan galian, bahan tambang, dan bahan bangunan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat silahkan naik angkutan umum yang telah disiapkan agar bisa mengurai kemacetan. Semoga arus mudik tahun ini bisa berjalan lancar, aman, dan taatilah rambu berlalu lintas”, tutup Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Pemprovsu. (red)

Artikulli paraprakDisayangkan Aksi Kejahatan Masih Marak di Medan
Artikulli tjetërLibur Idulfitri 1444 H, Pemprov Sumut Sediakan Pos layanan Kesehatan