PMI Kota Tangerang Lakukan Sejumlah Persiapan Antisipasi Stok Darah Saat Bulan Puasa

210

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. Pasalnya pada bulan tersebut, biasanya terjadi penurunan stok darah.

Hal ini terjadi lantaran mitos yang berkembang di masyarakat, yaitu jika donor pada saat puasa dapat membatalkan puasa dan tubuh jadi lemas.

Menurut Ade Kurniawan, Humas PMI Kota Tangerang, untuk mengantisipasi penurunan stok darah di bulan ramadhan, PMI akan bekerjasama dengan sejumlah pihak di wilayah Kota Tangerang.

Di antaranya rutin menggelar kegiatan donor darah di kecamatan-kecamatan, instansi pemerintah termasuk sejumlah pihak swasta yang telah bekerjasama sebelumnya.

“Kami juga punya dua unit mobil keliling yang rutin mengadakan donor darah di dua mal yang telah bekerjasama,” ujar Ade Kurniawan saat ditemui di Markas PMI Kota Tangerang, Kamis (23/2/2023).

Ade Kurniawan menambahkan dari informasi yang diperolehnya bahwa donor darah pada saat puasa itu tidak membatalkan puasa. Untuk itu pihaknya akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait hal ini.

Tidak hanya itu, PMI Kota Tangerang pun siap melaksanakan kegiatan donor darah pada sore atau malam hari saat bulan puasa. Seperti di mal-mal atau di pusat-pusat kegiatan ibadah masyarakat.

Sementara untuk stok darah di PMI Kota Tangerang saat ini terpantau aman berada di kisaran 1.500 kantong darah. Adapun kebutuhan darah per hari rata-rata 250-300 kantong dan angka pemasukan rata-rata 200-250 kantong per hari. (Mir)

——-

Artikulli paraprakPelayanan Kesehatan Semakin Baik Dengan Semangat Kolaborasi Bobby Nasution
Artikulli tjetërH-2 Jelang F1 Powerboat, Suasana Balige Sudah Semarak