PLTA Asahan 3 Turunkan Alat Berat Tanggulangi Jalan Umum Tergenang Air Hujan 

301

ASAHAN (Sumut) ketikberita.com | Di salah satu titik pada ruas Jalan Provinsi Lintas Sigura-gura, tepatnya di Dusun III Desa Aek Songsongan, Kecamatan Aek Songsongan, kerap digenangi air saat hujan turun. Penyebabnya ketiadaan sistem drainase yang memadai pada kedua sisi jalan dan untuk menyahuti keluhan warga sekitar dan masyarakat pengguna jalan umum, pihak PLTA Asahan 3 menurunkan alat berat jenis backhoe loader yang berfungsi untuk mengeruk dan menggali drainase yang sudah ada namun sudah tidak berfungsi dengan baik pada kedua sisi jalan.

Diturunkannya armada alat berat ini merupakan respon pihak PLTA Asahan 3 atas permohonan peminjaman Alat berat dari Kades Aek Songsongan Edy Syahputra Marpaung dan Camat Aek Songsongan Panusunan Rambey. Diketahui kedua Pamong ini sebelumnya telah mengajukan permohonan kepada pihak PLTA Asahan 3 agar menurunkan alat berat guna penanggulangan air yang kerap menggenangi badan jalan di lokasi tersebut.

Pekerjaan pembuatan dan perbaikan drainase ini mulai dilakukan pada Hari Senin (27/03) dengan panduan petunjuk teknis dari unsur Pemerintah Desa dan Kecamatan Aek Songsongan, dan saat ini pekerjaan penataan serta pembuatan alur drainase di salah satu sisi jalan telah dilakukan di ruas Jalan Provinsi Sigura-gura, Dusun III Desa Aek Songsongan.

Terkait bantuan alat berat ini, Assistant Manager Perizinan dan Umum PT PLN (Persero) UPP SUMBAGUT 4 Andhono Yekti yang mewakili pihak Pembangun PLTA Asahan 3 menyampaikan kepada awak media bahwa apa yang dilakukan oleh pihak Pembangun PLTA Asahan 3 merupakan salah satu bentuk implementasi Program Asahan 3 Peduli yang selama ini sudah berjalan.

“Jalan Sigura-gura merupakan akses utama yang sering dilalui baik oleh kendaraan proyek PLTA Asahan 3 maupun kendaraan pribadi, tentunya kami sebagai pengguna juga mempunyai tanggung jawab moral terhadap persoalan ini, untuk itu PT PLN (Persero) dan pihak-pihak rekanan proyek pembangunan PLTA Asahan 3 berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perawatan fasilitas umum termasuk jalan di sekitar lokasi proyek PLTA Asahan 3 yang tentunya berkolaborasi dengan pemerintah setempat agar kondisi jalan bisa lebih layak untuk dilalui”, ujar Andho.

Kepala Desa Aek Songsongan, Edy Syahputra Marpaung didampingi sejumlah pemuka masyarakat setempat secara khusus mengapresiasi bantuan Pihak PLTA Asahan 3 dan respon cepatnya terhadap permohonan peminjaman alat berat yang telah disampaikan oleh Pemerintah Desa dan Kecamatan.

Pantauan media, saat ini pada salah satu sisi jalan, sudah terbentang galian drainase baru sepanjang lebih dari 300 meter. Diharapkan air yang selama ini selalu menggenang di ruas jalan yang memiliki elevasi yang lebih rendah daripada ruas jalan yang lain tersebut dapat mengalir masuk ke drainase yang telah dibuat sehingga tidak ada lagi genangan air di badan jalan. (KBM)

Artikulli paraprakGubernur Sampaikan LKPj Akhir Tahun Anggaran 2022, Capaian 14 Penghargaan, Pertumbuhan Ekonomi Signifikan Hingga Produksi Pangan
Artikulli tjetërPT kencana Andalan Nusantara (KAN) Laksanakan kegiatan Rutin Perbaiki Jalan