Pj Gubernur Serahkan Penghargaan kepada Nakes dan Kader Posyandu Berprestasi

62

MEDAN ketikberita.com | Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyerahkan penghargaan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Kader Posyandu berprestasi, pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Provinsi Sumut. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terhadap para Nakes dan Kader Posyandu yang menjadi garda terdepan pelayanan kesehadan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat kepada Bapak/Ibu, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemprov Sumut atas dedikasi Bapak/Ibu menjadi garda terdepan dalam melaksanakan tugas melayani dan berkontribusi membangunan kesehatan bagi masyarakat di Sumut, “ ucap Pj Gubernur Hassanudin yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin pada puncak peringatan HKN ke-59 Sumut di Halaman Parkir Belakang Kantor Gubernur Sumut (Eks Medan Club), Jalan RA Kartini Medan, Minggu (19/11).

Para Nakes yang mendapat penghargaan tersebut antara lain tenaga dokter, apoteker, perawat, bidan, nutrisionis, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga promosi kesehatan dan ilmu prilaku, tenaga sanitasi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Hassanudin mengatakan, setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Ini sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945. Karena itu, insan kesehatan memiliki peran yang strategis untuk mewujudkan semua itu, dengan turut melakukan transformasi kesehatan.

“Tranformasi ada enam pilar, ada pelayanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, manajemen pembiayaan, teknologi kesehatan dan transformasi SDM. Saya mengajak di momentum HKN ini seluruh elemen kesehatan dan masyarakat untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergitas untuk memastikan enam pilar tersebut bisa berjalan agar pelayanan kesehatan kita semakin baik,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan menyampaikan, selain meningkatkan edukasi dan sinergitas, peringatan HKN juga bertujuan mendorong profesionalitas dan kapabilitas SDM tenaga kesehatan di Sumut.

“HKN sebagai momentum evaluasi dan meningkatkan kualitas SDM kesehatan serta menyoroti isu-isu seperti fasilitas kesehatan yang ramah masyarakat, ketersediaan obat-obatan dan sekaligus mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya mengubah gaya hidup kita menjadi pola hidup sehat. Lebih baik mencegah sebelum mengobati,” harapnya

Disampaikan juga, untuk memeriahkan HKN ke-59 berbagai kegiatan telah dilaksanakan yaitu, pelayanan kesehatan Bina Keluarga Balita (BKB), aksi bergizi, skrining massal kesehatan pekerja informal, donor darah, dan skrining kesehatan lansia.

Turut hadir Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Forkopimda Sumut, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Sumut dan para mitra kesehatan. (red)