Pimpin Apel Kehormatan, Dandim Berharap Di HUT ke 76 Kita Dapat Mewarisi Semangat Para Juang

95

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan guna menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI salah satunya yakni Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang digelar pada malam pergantian menuju 17 Agustus 2021 yakni pukul 00.00 wib.

Bertempat di Pendopo Bupati Aceh Tamiang, Apel Kehormatan dan Renungan Suci dipimpin langsung oleh Dandim 0117/ATAM Letkol. Cpn. Yusuf Adi Puruhita selaku Inspektur Upacara.

Sebelumnya pada Renungan Suci, Dandim Yusuf mengatakan bahwa Renungan Suci bermakna untuk memberikan penghormatan sebesar-besarnya kepada arwah para Pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi meraih dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu juga, ia katakan bahwa dalam renungan ini juga terdapat sebuah keistimewaan yakni mengingatkan akan arti sebuah perjuangan.

“Sebagai generasi penerus bangsa sudah selayaknya kita mewarisi semangat para pejuang Kemerdekaan dengan penuh dedikasi serta menghayati arti dan makna dari perjuangan”, ujar Yusuf.

Sementara itu, Upacara ini juga berlangsung dengan penuh khidmat yang diwarnai dengan Penghormatan Pasukan kepada arwah Pahlawan. Berbagai rangkaian acara juga menambah khidmat suasana seperti pemadaman lampu listrik disertain penyalaan Obor serta Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Irup, mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup, pemadaman obor kemudian lampu listrik dinyalakan, hingga pembacaan do’a, dan diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan.

Tampak hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, SIK, Kajari Aceh Tamiang Agung Ardyanto, SH, Wakil Ketua DPRK Fadhlon, SH, Ketua MPU Syahrizal Darwis, MA, Danyonif Raider Khusus 111/KB Letkol. Inf Wasono Handayani, Kalapas diwakili Kasi Tamtib Muda Salih, SH, Para perwira Kodim 0117/Aceh Tamiang, Para Kepala OPD, 1 SST personil Polres Aceh Tamiang, 1 SST personil Satpol PP dan WH dan Dishub Aceh Tamiang, Ketua KNPI Arif Wildan serta para Ormas Kabupaten Aceh Tamiang. (ABS)