Pilkades di Humbahas Kondusif, Kapoldasu Apresiasi Masyarakat

24

HUMBAHAS (Sumut) ketikberita.com | Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menegaskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di Kabupaten Humbahas berjalan kondusif.

“Pilkades 2021 di 85 desa Kabupaten Humbahas berjalan aman dan kondusif tanpa adanya gangguan,” katanya, Selasa (23/11).

“Saya juga mengucapkan terima kepada seluruh warga Kabupaten Humbahas yang turut menyukseskan Pilkades 2021,” ungkap Panca.

Diketahui, Kapolda Sumut turut meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di Kapupaten Humabahas, Senin (22/11).

Dalam kunjungan itu, Kapolda Sumut turut didampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, Karo Ops Poldasu Kombes Pol Desma…
Bertemu Panglima, Kapolri Pastikan Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Ditingkatkan.

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyambangi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021). Dalam kesempatan itu, kedua Jenderal tersebut salah satunya membahas soal ditingkatkannya sinergitas dan soliditas TNI-Polri.

“Baru saja kami bersama pejabat utama Mabes Polri menerima Pak Panglima TNI yang baru tentunya banyak hal yang kita diskusikan bagaimana beberapa hal yang akan kita tingkatkan kedepan seperti sinergitas dan soliditas TNI-Polri,” kata Sigit.

Selain itu, kata mantan Kapolda Banten ini, pertemuan tersebut juga membahas terkait dengan menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan penanganan dan pengendalian Covid-19.

Diantaranya adalah menyelesaikan target dari Presiden Indonesia terkait akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19 sebesar 70 persen yang harus tercapai di akhir tahun 2021 ini.

“Bagaimana juga bagaimana kita sama-sama selesaikan tugas yang selama ini menjadi tugas diberikan oleh Pemerintah khususnya Pak Presiden pada kami berdua kepada TNI-Polri seperti akselerasi terkait progres vaksinasi yang saat ini sedang kita kejar mencapai 70 persen di akhir Desember,” ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Tak hanya itu, Sigit memaparkan bahwa, keduanya juga membahas soal perubahan paradigma soal penanganan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Indonesia, seperti di Papua serta Poso.

“Dan juga kegiatan lain tentunya akan terus kita bangun kita tingkatkan untuk memperkuat kemudian, membesarkan apa yang selama ini sudah kita jalin khususnya dalam hal sinergitas dan soliditas,” ucap eks Kapolda Banten.

Untuk penguatan sinergitas dari tataran atas hingga ke bawah, Sigit menyebut soal pelaksanaan pendidikan antara prajurit TNI-Polri yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Sehingga, kedepannya akan terus dipertahankan serta diperkuat lagi.

“Kapolri dan seluruh jajaran tentunya mengucapkan selamat kepada Panglima TNI baru. Dan kami siap terus kerjasama bersinergi tingkatkan soliditas untuk menjaga stabilitas keamanan negara, keamanan masyarakat dan juga sukseskan program Pemerintah khususnya dalam hal pengananan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan tugas lain yang tentunya menjadi tugas kita bersama itu yang bisa kami sampaikan,” papar Sigit.

Sementara itu, Panglima TNI menyebut bahwa, pertemuan yang dilakukan oleh Kapolri untuk memperkuat apa yang sudah berjalan selama ini. Serta memperbaiki kekurangan yang ada.

“Kami datang kepada Kapolri di Mabes Polri untuk secara resmi menyampaikan apa yang mungkin Pak Kapolri dan staf yang selama ini sudah beroperasi punya pesan atau evaluasi yang perlu saya tahu. Supaya dalam memulai tugas saya ini saya sudah bisa langsung melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari Kapolri khususnya hubungan tugas yang memang melibatkan kedua institusi,” tutup Andika.

Kapoldasu dan Kasdam I BB Turun Langsung cek Pilkades Taput, himbau “Jaga Persaudaraan”

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Panca Putra S, M.si turun langsung meninjau kondisi keamanan pada pemilihan Kepala Desa serentak 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara (23/11/2021).

Dalam peninjauannya ke sejumlah lokasi pemungutan suara, Irjen Panca menyampaikan pentingnya menjaga keamanan bersama untuk mewujudkan situasi kondusif, hal itu disampaikan dihadapan personil pengamanan, masyarakat dan panitia pemilihan setempat.

“Kita sama-sama jaga keamanan dan persaudaraan, Para pendukung calon kepala desa, jangan berantam kita semua saudara,” ucap Panca.

Kapoldasu bersama Kasdam Brigjen TNI Purwito Hadi Wardono didampingi Danrem 023 KS Kol inf Febriel Buyung Sikumbang didampingi Kapolres AKBP Ronal FC Sipayung, Kasdim 0210 TU Mayor Ojak Simarmata, Asisten Bupati Drs Parsaoran Hutagalung menekankan pentingnya menciptakan suasana aman, tertib dan Damai di tengah pelaksanaan Pilkades yang digelar, saat ini.

“Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat supaya terpilih kadesnya yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapapun pemenangnya, tidak perlu euforia yang berlebihan,” tegasnya.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, saat ini, Irjen Panca juga berharap agar masyarakat tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa menimbulkan kerumunan tak terkendali.

“Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan baik, Meski COVID-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia,” terangnya.

Polda sunut dan Kodam I BB menurunkan 944 personil BKO terdiri dari Brimob, sabhara, Intel, reserse dan juga Batalyon TNI, untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput, hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan, sehingga personil harus disiagakan mengamankan kondisi tiap desa.

“Kita tidak boleh under estimate, kesiapan pengamana harus ditunjukan karena kehadiran TNI dan Polri akan memberi rasa aman bagi masyarakat,” pungkasnya. (zal)