PERTINA Kota Siantar Gelar Selekda Persiapan PON 2024

182
foto: Pengurus Provinsi Pertina Sumut, Halomoan Nasution, Ketua Pertina Siantar Pangeran Harahap, Bendahara Pertina Siantar Balige da Kasat Intel Polresta Siantar, Aiptu H Siallagan.

MEDAN ketikberita.com | PERTINA Siantar sudah siap untuk menggelar seleksi daerah (selekda) persiapan tim tinju Sumatera Utara ke Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan tahun 2024. Selekda digelar pada 14-19 November 2023 di Pujasera, Hotel Siantar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Indonesia Pematang Siantar, Pangeran Harahap yang didampingi Pengurus Provinsi Pertina Sumut, Halomoan Nasution saat meninjau persiapan arena Selekda di Pujasera, Sabtu (11/11/2023).

Pangeran Harahap menyebutkan bahwa gelar Selekda mendapat apresiasi dari Pemko Pematang Siantar melalui Dinas Pariwisata, Olahraga dan Pemuda berupa bantuan dana.

“Kegiatan Selekda terselenggara atas kerjasama pengurus Pertina Pematang Siantar. Kita komit untuk memperjuangkan pertumbuhan atlet tinju di Pematang Siantar,” kata Pangeran Harahap yang menyebut saat ada 4 sasana tinju di Kota Pematang Siantar dengan 150 petinju binaan.

Kontribusi Pertina Siantar untuk 135 kamar hotel

Pangeran Harahap menyatakan sangat bangga karena pengurus saling bahu membahu dalam mewujudkan penyelenggaraan selekda atlet tinju persiapan PON 2024.

“Dengan terselenggaranya selekda tinju, 135 kamar di 5 hotel ada di Kota Pematang Siantar sudah terisi sejak 13 Nopember hingga 19 Nopember,” kata Pangeran Harahap yang menyebutkan sekitar 214 atlet tinju, 25 wasit/hakim, 17 pengurus kabupaten/kota dan Pelatda Sumut akan hadir.

“Harapan kami, dengan digelarnya Selekda, akan berdampak pada semakin bertumbuhnya animo anak-anak untuk menekuni cabang olahraga (cabor) tinju. Kita berharap di 8 kecamatan ke depan berdiri sasana tinju,” kata Pangeran Harahap.

Saat ini, Pertina Kota Pematang Siantar sedang bergerak sosialisasi cabor tinju ke sekolah-sekolah.

“Ya.. beberapa anak sekolah sudah kita bina. Kita berharap, akan lahir sasana tinju di sekolah,” kata Pangeran Harahap yang juga menyebutkan nama atlet tinju binaan Pertina yang sudah beprestasi.

Ada pun nama-nama yang mendapat prestasi yakni, peraih medali di Piala Pangdam Mei 2023 di Medan: Perak, Rudianto Hutasoit 57 kg, Perunggu, Rajes Uly Gultom 51 kg, Naomi Saragih 50 kg, untuk Kategori Putri yakni, Sri Prihartini Gayatri 52 kg.

Peraih medali Piala Bupati Pakpak Barat yakni, Emas, Rudianto Hutasoit 57 kg, Perak, Viode Putra Pratama 52 kg, Richard Manullang 54 kg, Rajes Uly Gultom 48 kg, Michelle Theorea Siregar 54 kg Kategori Putri, Perunggu, Revaldo Hutasoit 48 kg, Naomi Saragih 48 kg Kategori Putri, Tommy Winata Sirait 63 kg. (zal)