Personel Kodim 0117/Aceh Tamiang Terima Suntik Vaksin Tahap Pertama

116

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Dalam rangka mempercepat pemutusan penyebaran Covid-19, Sebanyak 150 prajurit TNI, PNS Kodim 0117/Aceh Tamiang terima suntik vaksin Covid-19 tahap pertama. Hal ini disampaikan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita yang memimpin langsung kegiatan Vaksinasi Covid-19 tersebut.

Secara keseluruhan tahap pertama seluruh anggota Kodim 0117/Aceh Tamiang baik prajurit TNI, PNS terima suntik vaksin tersebut, yang dilaksanakan hari ini kepada anggota Kodim 0117/Aceh Tamiang yang menerima suntikan vaksin tahap pertama, kegiatan suntik Vaksin ini di laksanakan selama Dua hari bertempat di garasi makodim 0117/Aceh Tamiang Jln. Lintas Medan- BandaAceh, Desa. Sungai Liput, Kecamatan. Kejuruan Muda, Kabupaten. Aceh Tamiang. Senin (22/03/21)

Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita (Dandim 0117/Atam) menambahkan, pihaknya akan tetap mengikuti prosedur atau syarat kesehatan yang telah ditentukan agar dapat divaksin Covid-19.

Bagi anggota TNI dan PNS yang memenuhi syarat untuk divaksin, akan divaksin. Kalau personel dalam pemeriksaan medis dinyatakan tidak memenuhi syarat maka tidak dilakukan vaksin terhadap personel tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan, saat ini pemerintah sedang mengerahkan seluruh sumber daya untuk mengatasi pendemi, melaksanakan vaksinasi dengan cepat yang dimulai sejak 13 Januari 2021, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Untuk itu, Dandim meminta kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendukung langkah dan program pemerintah, sehingga nantinya seluruh penduduk Indonesia mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).

Vaksin Covid-19 itu sendiri, nantinya akan membentuk antibodi secara optimal setelah 28 hari setelah penyuntikkan. Dalam waktu 14 hari setelah suntikan pertama, vaksin akan bekerja sekitar 60 persen. Setelah itu, penerima vaksin perlu melakukan penyuntikkan dosis kedua. Saat 28 hari setelah suntikan pertama, barulah vaksin yang diberikan dapat bekerja optimal.

“ Dengan vaksinasi ini diharapkan, para prajurit Kodim 0117/Aceh Tamiang yang menjadi garda terdepan setelah tenaga medis dapat terhindar dari Covid-19. Untuk itu, mari kita semua dukung program pemerintah dalam mengatasi pandemi ini. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan jangan takut untuk divaksin. Karena vaksin Covid-19 sudah teruji aman dan halal,” tandas Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita. (ABS)