Peringati Hari Jadi Ke-14 Tahun, Pemerintah Kabupaten Nias Utara “Open Championship Nias Utara Surfing” di Buka

284

NIAS UATARA (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Nias Utara Melaksanakan Open Championship Nias Utara Surfing yang dibuka secara resmi Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Zumri Sulthony, S.Sos., M.Si yang digelar di Turedawola Beach Kec. Afulu. (03/10).

Bupati Nias Utara dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, dimana pada hari ini Kab. Nias Utara mencatatkan sejarah untuk memulai dan melaunching surfing di Nias Utara. Kegiatan Open Championship Nias Utara merupakan bagian dari kegiatan Peringatan Hari Jadi Kab. Nias Utara Ke-14 Tahun 2022, dimana dalam kegiatan Panitia ada 8 kegiatan besar baik kegiatan lokal, nasional maupun bertaraf internasional.

Bupati Nias Utara juga menjelaskan bahwa Lokasi surfing di Turedawola Beach sudah dikenal asing sejak 1982 namun Pemerintah Daerah belum pernah mengeksposnya, dengan dimulainya kegiatan pembukaan Open Champhionsip Nias Utara Surfing yang dimulai 3-8 Oktober 2022, Bupati Optimis 10 tahun kedepan lokasi surfing di Nias Utara akan sama dan setara dengan Nusa Dua Bali jika semua elemen masyarakat bersatu dan berjuang bersama-sama. Bupati juga berharap kepada masyarakat untuk bisa membuka diri menerima perkembangan, terlebih untuk wisatawan dari luar.

Mewakili Komunitas Surfing Nias Kepulauan Nias Sosial Zagoto menyampaikan bahwa seluruh komunitas surfer Kep.Nias mengucapkan terimakasih kepada Pemda Nias Utara karna sudah menjawab impian dari surfer Kep. Nias, dengan membuka spot-spot di Nias Utara, maka cita-cita mendatangkan sejuta wisata di Kep. Nias akan terwujud kalau kita bersatu.

Mewakili Forkopimda Kep. Nias diwakili Kapolres Nias menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kab. Nias Utara dengan prestasinya dalam memperingati Hari Jadi Nias Utara dapat melaunching dan memulai event surfing di Nias Utara. Kapolres juga berharap kedepannya masalah infrastruktur untuk terus dibenahi sehingga sektor Pariwisata semakin maju di Nias Utara.

Mewakili Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI diwakili Sub Koordinator Destinasi Area IA Direktorat Pengembangan Destinasi 1 Andy M.T Marpaung, SH marpaung menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya Open Championship Surfing Nias utara, dan kegiatan ini merupakan bagian dari perjuangan Pak Bupati saat diskusi di kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta.

Andy M.T Marpaung, SH juga mengakui dan mengapresiasi yang dilakukan Bupati Nias Utara mulai dari gerak cepat, gerak bersama, dan gali potensi, sehingga pada hari ini perjuangan Bupati Nias Utara terbukti untuk Kita semua, dan permintaan dari Pemkab Nias Utara hari ini akan kami catat dan sampaikan kepada Mentri Pariwisata sehingga kedepan kegiatan ini bisa masuk di Kalender Event Nasional, semoga tahun depan kegiatan ini bisa jadi kegiatan taraf internasional.

Mewakili Gubernur Sumut diwakili Kadis Kebudayaan Pariwisata Provsu Bapak Zumri Sulthony, S. Sos, M. Si dalam arahannya menyampaikan selamat dan apresiasi dimana Nias Utara memiliki keunggulan dan potensi yang sangat menakjubkan, dengan keunggulan yang dimiliki Nias Utara mari terus kita majukan dan kedepan kita jadikan perhatian bersama baik dari pusat maupun dari provinsi agar bersama-sama untuk membangun.

Kegitan Pembukaan Open Championship Nias Utara Surving turut di hadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Nias Utara, Sekda, Kapolres Nias, Pabung Kodim 0213 Nias, mewakili Kajari Gunungsitoli, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kabag Lingkup Setda, Camat Se-Kab. Nias Utara, Pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan Lainnya.
(Wardiy)