Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Edy Rahmayadi Meneteskan Air Mata Saat Berkumpul Bersama Disabilitas

249

MEDAN ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tidak kuasa menahan air mata saat berkumpul dengan para disabilitas di Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Jumat (16/12). Edy Rahmayadi merasa dirinya belum bisa berbuat banyak untuk menunjang kehidupan masyarakat disabilitas daerah ini.

Usai bernyanyi bersama dengan para disabilitas, Edy Rahmayadi berbicara tentang fasilitas untuk disabilitas. Belum lama dia berbicara, suaranya terhenti dan meneteskan air mata, kemudian menyambung perkataannya lagi.

“Mereka harus punya fasilitas yang memadai, bagi atlet tolong Dispora fasilitasi, begitu juga Disnaker buat pelatihan untuk mereka agar bisa membantu menambah penghasilannya,” ungkap Edy Rahmayadi.

Edy Rahmyadi langsung berpamitan meninggalkan tempat acara, Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan. Saat ditanya awak media apa yang membuatnya menangis, dia mengatakan belum bisa memberikan fasilitas lebih baik kepada mereka.

“Saya belum bisa berbuat apa-apa, kita ingin mereka bisa difasilitasi, saya mendoakan agar saudara-saudara kita yang disabilitas selamat dunia dan akhirat,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional kali ini, Pemprov Sumut juga memberikan berbagai bantuan. Antara lain tali asih, sembako, kursi roda dan lainnya. Ada juga bantuan dari BUMN, BUMD dan juga secara pribadi dari Gubernur Edy Rahmayadi.

“Ada sekitar 350 orang disabilitas yang hadir pada acara ini dan kita memberikan bantuan sembako, tali asih kepada meraka, ada juga bantuan dari BUMN serta BUMD,” kata Baharuddin Siagian.

Terkait fasilitas untuk Disabilitas, Baharuddin menjelaskan pihaknya bersama OPD terkait terus bahu-membahu meningkatkannya. Bukan hanya fasilitas fisik, tetapi juga berupa pelatihan, bantuan, sekolah dan lainnya.

“Kita terus bersinergi dengan OPD terkait, bekerja sama untuk memberikan fasilitas kepada disabilitas, seperti fasilitas olahraga dengan Dispora, pelatihan dengan Disnakers, kesehatan dengan Dinkes, itu terus kita lakukan,” kata Baharuddin Siagian.

Hadir pada acara ini Kepala Dinas Sosial Basarin Tanjung, Kepala Dinas Pendidikan Asren Nasution dan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Afini dan OPD terkait lainnya. Hadir juga beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama dan komunitas disabilitas Sumut. (er)

 

Artikulli paraprakHanya Gunakan KTP Warga Medan Bisa Berobat Gratis Secara Rujukan Berjenjang, Gawat Darurat Langsung ke Rumah Sakit
Artikulli tjetër20 Lembaga Literasi Terima Bantuan Buku, Musa Rajekshah Terus Dorong Peningkatan Literasi di Sumut