Percepat Penurunan Stunting, Pemko Gunungsitoli Laksanakan Rakor Aksi I dan Aksi II

99

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Untuk mempercepat penurunan stunting di Kota Gunungsitoli, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2022 melaksanakan Rapat Koordinasi Aksi I dan Aksi II guna menyusun rencana aksi daerah dan pemetaan analisis situasi program percepatan penurunan stunting bertempat di Aula Lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Kamis (17/03/2022).

Wakil Wali Kota Gunungsitoli selaku Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting Sowa’a Laoli, SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif.

“Perlu kita ketahui bersama penurunan angka stunting dalam lima tahun belakangan ini sangat bagus. Kita berharap angka stunting dapat semakin turun. Percepatan penurunan stunting adalah upaya yang mencakup intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif dan berkualitas melalui kerjasama multi sektor baik di pusat, di daerah maupun di desa,”ucapnya.

Wakil Wali Kota juga menyampaikan harapannya kepada Tim, agar bekerja ekstra untuk menurunkan stunting, dengan membuat program spesifik yang harus dilakukan, termasuk dalam melibatkan desa untuk memanfaatkan dana desa membuat program penurunan stunting.

“ Tim Percepatan Penurunan Stunting segera bekerja dan membuat perencanaan aksi Nasional melalui pendekatan keluarga beresiko stunting, saya harapkan kepada seluruh tim dan pihak yang terlibat untuk bekerja secara bersama-sama sehingga harapan kita dapat terwujud untuk menurunkan stunting di Kota Gunungsitoli,”ucap Wakil Wali Kota mengakhiri.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappelitbang Daerah Karya S Bate’e, S.STP., MAP dan Kepala Dinas Kesehatan Wilser J. Napitupulu, S.Si., Apt., MPH menyampaikan materi terkait rencana aksi daerah dan pemetaan analisis situasi program percepatan penurunan stunting. Lalu dilajutkan dengan diskusi yang pimpin oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli. Turut hadir pada acara tersebut, mewakili Dandim 0213 Nias, mewakil Danlanal Nias dan mewakili Kejari Gunungsitoli. (Wardiy)