Pengurusan Paspor Imigrasi Batam Dibatasi Tunggu Sampai Normal Wabah Virus Covid 19

198

BATAM ketikberita.com | Guna mencegah Pandemi Virus Corona Covid-19 Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam memberlakukan pembatasan sementara pelayanan pembuatan paspor. Pemberlakuan itu berlaku sejak Senin (23/3/2020). “Pelayanan paspor tidak dilayani sementara waktu, terkecuali kepada mereka yang urgent dengan alasan hendak keluar negeri, itu masih kami layani,” kata Kepala imigrasi kelas I khusus TPI Batam, Romi Yudianto, Selasa (24/3/2020).

Menurut Romi, pelayanan normal nantinya akan kembali dibuka sampai benar-benar situasi wabah virus Corona yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, aman. “Sementara untuk pelayanan Izin Tinggal Terbatas (KITAS /ITAS) bagi warga negara asing atau WNA, tetap dilayani. Misalkan WNA sudah habis masa izin dan diperpanjang karena takut pulang dalam kondisi saat ini, itu kami layani,” pungkas Romi.

Tidak hanya itu, sambung dia, sosial distancing juga diberlakukan di area kantor imigrasi, yakni pemberian dua meter jarak antara petugas dengan pemohon. ” Di kantor sendiri kita telah memberlakukan pegawai secara shift-shift an.

Dimana, yang masuk kantor hanya 30 persen bagi pegawai yang kena giliran piket, sementara yang lainnya, disarankan beraktivitas di rumah Sampai batas waktu yang ditentukan,” tutupnya.(r/Indralis)