Penghimpunan Dompet Dhuafa pada Ramadan 1444 H Tumbuh 11,9 Persen

243

JAKARTA ketikberita.com | Pada Sabtu (22/4/2023) dini hari, bertepatan 1 Syawal 1444 H, Dompet Dhuafa mencatat akumulasi penghimpunan dana zakat dan dana kemanusiaan selama Ramadan 1444 H/2023 M meningkat sebanyak 11,9 persen dari penghimpunan Ramadan tahun sebelumnya.

Direktur Mobilisasi Sumberdaya Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti mengatakan, catatan di atas menjadi tren positif penghimpunan di 2023. Artinya, kedermawanan masyarakat kian menunjukkan tren positif. Hal tersebut sejalan dengan data World Giving Index, yang menyatakan bahwa warga Indonesia menjadi masyarakat paling dermawan di Dunia selama 5 tahun berturut-turut.

Hal tersebut terbukti dari kenaikan jumlah partisipasi donatur yang meningkat sebanyak 106,1 persen dari tahun sebelumnya. Gen-Z mendominasi catatan tersebut. Selain itu, kesadaran setiap individu maupun komunitas untuk berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, hingga dakwah & budaya, terus bertumbuh.

“Alhamdulillah, pertumbuhan partisipasi donatur yang menguat hingga 106,1 persen menjadi wujud syukur kami. Kedermawanan masyarakat menunjukkan tren positif yang mencatatkan pertumbuhan penghimpunan sebanyak 11,9 persen,” ucap Etika Setiawanti dalam siaran pers, Sabtu (22/4/2023).

Pertumbuhan positif ini juga disokong oleh berbagai program yang digulirkan Dompet Dhuafa selama Ramadan. Tercatat ada 5 pilar program penyaluran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, di antaranya program ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, dahwah & Budaya.

Kemudian, faktor lainnya adalah memaksimalkan jaringan Dompet Dhuafa untuk melakukan penyaluran hingga ke pelosok negeri. Baik itu jaringan organ maupun jaringan cabang. Hal tersebut semata-mata untuk memperluas jangkauan penerima manfaat dari setiap program.

“Sampai saat ini, tim Dompet Dhuafa masih terus menyalurkan amanah dari para muzakki kepada mereka yang berhak. Insyaa Allah sampai nanti menjelang batas akhir penyaluran zakat fitrah, yaitu sebelum salat Idulfitri,” ucap Ketua Ramadan Dompet Dhuafa 2023, Suci N. Qadarsih.

Selama bulan puasa tahun ini, Dompet Dhuafa banyak melakukan penyaluran program ke 34 provinsi dan 14 negara. Program tersebut terdiri dari Tebar Zakat Fitrah, Belanja Bareng Anak Yatim, Parsel Ramadan, Bagi Takjil dan Sahur, Borong Dagangan UMKM, Grebek Kampung Ramadan, Layanan Pemudik, Dai Cordofa, Dai Ambassador, Bantuan Gempa Cianjur, Turki dan Suriah, serta masih banyak program lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Rahmad Riyadi, menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur, mitra, relawan, amil, serta seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas filantropi Islam ini.

“Itu disalurkan ke seluruh provinsi di Indonesia. Sekali lagi, terima kasih atas kebaikan seluruh donatur, mitra kolaborasi, para volunteer, serta tentu para Insan Dompet Dhuafa,” tutup Rahmad. (red)

 

Artikulli paraprakTingkatkan PAD, Bobby Nasution Minta Bapenda & Perangkat Daerah Terkait Kolaborasi Kutip Pajak Bersama
Artikulli tjetërKapolda Sumut Copot AKBP Achiruddin Hasibuan Buntut Penganiayaan oleh Anaknya