Penghargaan Siwo PWI Pusat “Inisiator Olahraga” Sumut Usulkan Bobby Nasution

159

MEDAN ketikberita.com | Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Sumut mengusulkan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM sebagai penerima penghargaan “Inisiator Olahraga” yang akan diserahkan Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali pada Rakernas Siwo PWI di Kendari, Sulawesi Tenggara 8 Februari 2022.

“Dari pengamatan dan catatan kami para wartawan olahraga di Sumut, Kami sepakat mengusulkan Bobby Nasution menjadi penerima penghargaan Inisiator Olahraga untuk kategori Kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati,” ujar Ketua Siwo PWI Sumut Jonny Ramadhan Silalahi SH di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan, Kamis (20/1) siang.

Selain Bobby Nasution, ujar Jonny didampingi Sekretaris Ir Halomoan Samosir dan Bendahara Ilham “Bejo” Ridwan, Siwo PWI Sumut juga mengusulkan Ketua KONI Medan Drs Eddy H Sibarani sebagai penerima penghargaan untuk kategori Ketua KONI.

“Jadi ada dua nama yang diusulkan Siwo Sumut untuk penerima penghargaan Inisiator Olahraga, yakni Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE dan Ketua KONI Medan Drs Eddy H Sibarani. Usulan resmi terhadap kedua nama tersebut sudah kami kirimkan ke Panitia Pusat cq Siwo PWI Pusat di Jakarta, Rabu (19/1) kemarin,” jelas Ketua Siwo Sumut yang akrab dipanggil Jonsil ini.

Jonsil lebih lanjut mengatakan, Siwo PWI yang termasuk bagian dari stake holder olahraga, dalam upaya lebih merangsang dan menggairahkan pembinaan olahraga, setiap tahunnya memberi apresiasi kepada insan, tokoh maupun penggerak dan pejabat pemerintah dan memberi kepedulian pengembangan dan pembinaan olahraga.

Untuk Tahun 2022, bersamaan dengan pelaksanaan Rakernas Siwo PWI yang merupkaan rangkaian dari Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendara, Sulawesi Tenggara, Siwo PWI bukan saja bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga menggelar Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tetapi juga memberi Penghargaaan Insiator Olahraga terhadap Gubernur, Walikota dan Bupati serta Ketua KONI di tanah.

Penerima penghargaan, berdasarkan usulan, masukan dan hasil pengamatan Siwo Siwo di setiap provinsi di tanah air. “Informasi yang kami dapat, ada lima Kepala Daerah dan Enam Ketua KONI yang akan menerima penghargaan. Kami berharap, usulan Siwo PWI Sumut diterima dan ditetapkan menjadi sebuah keputusan,” tambah Sekretaris Halomoan Samosir.

Baik Jonny, Halomoan dan Ilham sama menjelaskan, Siwo Sumut mengusulkan Bobby Nasution, karena sejakdilantik menjadi Wali Kota Medan Februari 2021, menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut menunjukkann kepedulian dan perhatian luar biasa untuk membuat olahraga di Kota Medan lebih menggeliat.

Ini dibuktikannya dengan menggelar kejuaraan untuk sembilan cabang olahraga memperebutkan piala dan hadiah yang disediakannhya. Bobby atas nama Pemko Medan juga tidak lupa mengapisiasi pretasi para pelaku olahraga dengan memberikan tali asih bagi patriot-patriot olahraga Kota Medan yang berprestasi di PON dan Peparnas di Papua.

Selain Bobby juga tidak sungkan mengunjungi pemusatan-pemusatan latihan menyemangati para atlet yang menjalani pemusatan latihan. Dan ia mendukung revitalisasi terhadap sarana dan prasarana olahraga di kota Medan agar lebih berkualitas, khususnya guna menyukseskan PON XXI/2024 di Sumut.

Sementara terhadap Ketua KONI Medan Eddy Sibarani, Siwo PWI mencatat, pria yang kerap tampil dinamis dan familiar ini dikenla sebagai inspirator dan penggagas serta pelaksanan Porkot Kota Medan, Porwil dan Porcam (Pekan Olahraga Kecamatan).

Edy Sibarani dalam mendukung sukses Sumut di PON XXI/2024, juga mencetuskan Program Medan Juara dan Medan Bangkit. Dari program ini diharapkan, patriot-patriot olahraga Medan memberi prestasi terbaik untuk Sumut.

“Siwo Sumut dalam programnya terus mendorong upaya menggairahkan pembinaan olahraga, termasuk mengusulkan penerima penghargaan tingkat nasional bagi pembina-pembina olahraga di Sumut. Sebelum ini, di antara penerima penghargaan termasuk Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajekshah, Walikota Tebingtinggi Umar Junaidi Hasibuan, Bupati Asahan Surya Bsc, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan Master pendiri wushu Sumut Master Supandi Kusuma. (er)