Pemkot Gunungsitoli Laksanakan Halal Bi Halal 1444 H/2023 M

207

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Gunungsitoli menggelar acara Halal Bi Halal 1444 H / 2023 M di Halaman Kantor wali Kota Gunungsitoli, Jumat (19/05/2023).

Wakil Wali Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M kepada seluruh umat Islam yang ada di Kota Gunungsitoli, semoga seluruh amal ibadah puasa menjadi amal yang baik dan benar-benar sudah dijalankan dengan penuh keikhlasan sehingga membawa berkah dan rezeki, kebahagiaan, kedamaian, pengharapan dan kesejahteraan bagi seluruh umat dan menjadikan insan yang memiliki jiwa yang fikri dalam menjalankan kehidupan yang di anugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Halal Bi Halal dalam suasana Idul firi merupakan sebuah bentuk perayaan keagamaan dalam bentuk saling memafkan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Selain itu juga merupakan sarana untuk mempererat rasa persaudaraan dan upaya memperkuat tali silaturahmi baik antara sesama umat islam maupun antar sesama manusia.

Dengan menjaga silaturahmi, maka akan dapat mengubah hubungan kepada sesama manusia dari rasa benci menjadi senang, sombong menjadi rendah hati dan dari kekhilafan menjadi terbebas dari dosa,” ucap Sowa’a.

Masih disampaikannya, acara Halal Bi Halal bukan hanya sebagai acara seremonial, namun pada hakikatnya ada hal yang penting yang terkandung dalam kegiatan ini. “Mari kita saling memaafkan setulus hati dan berlapang dada menerima sebuah keberagaman dan perbedaan, membangun kebersamaan dalam keberagaman sebagai wujud syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya mengakhiri.

Sebelumnya Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Halal Bi Halal Ahmad Irfan Zebua, S.Kom dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Halal Bi Halal yaitu untuk menjalin silaturahmi antara Pemko Gunungsitoli bersama Forkopimda dengan masyarakat muslim dalam rangkaian kegiatan yang bersifat religius, memperkokoh persatuan dan kesatuan yang didasari oleh Ukhwah Islamiyah antara sesama umat islam dan antaraumat beragama di Kota Gunungsitoli dan memperkokoh kehidupan sosial kemasyarakatan yang religius, berbudaya dan taat hukum.

Dijelaskannya, Tim pelaksana Halal Bi Halal sebelumnya telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain kunjungan safari Ramadhan di 5 (lima) lokasi Masjid yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli yaitu 1 (satu) lokasi di Kecamatan Gunungsitoli Utara, 2 (dua) lokasi di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan 2 (dua) lokasi di Kecamatan Gunungsitoli. Selain itu, dilaksanakan Gema takbiran Idul Fitri tanggal 22 April 2023 yang kegiatannya dipusatkan di Masjid Raya Al furqan Kelurahan Pasar Kota Gunungsitoli.

Hadir dalam acara Halal Bi Halal tersebut Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M.Si, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli drs. Oimonaha Waruwu, Mewakili DPRD Kota Gunungsitoli H. Ridwan Saleh Zega, SAP, Staf ahli, Asisten dan Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Mewakili Forkopimda Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah Se-Kota Gunungsitoli, TP-PKK dan DWP Kota Gunungsitoli dan Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda Se-Kota Gunungsitoli. (Wardiy)