Pemkab Toba dan PT.Solusi Rahayu Indonesia Tandatangani Kesepakatan Pengelolaan Sampah

403

KAB TOBA (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Toba dalam hal ini Bupati Poltak Sitorus dan PT. Solusi Rahayu Indonesia melakukan penandatanganan kesepakatan mengenai pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Tarhilala yang bertempat di Desa Lumbanpea Timur, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Kamis (14/7/2022).

Selain itu, Pemkab Toba melalui Bank Sampah Tarhilala juga mengadakan kegiatan yang sangat menarik yaitu bazar sembako murah yang bisa ditukar dengan sampah anorganik.

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengatakan upaya ini bagian dari cara Pemerintah Kabupaten Toba membantu masyarakat menambah penghasilan sekaligus menjaga lingkungan.

“Kadang kita sepele dengan sampah ini, tapi dengan sampah, kita dapat menukarnya menjadi uang dan sembako dengan harga terjangkau. mari kita bersihkan diri kita terlebih dahulu kemudian lingkungan kita,” kata Bupati Poltak Sitorus.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan dengan adanya inovasi ini, sampah yang ada dapat dimanfaatkan demi keberlangsungan hidup kita bersama, dimana sampah dapat bernilai ekonomis dan dapat menambah penghasilan kita serta lingkungan juga terjaga.

Sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Toba, Raja Ipan Sinurat melaporkan bahwa sampai saat ini sudah berdiri 57 bank sampah tarhilala di Kabupaten Toba.

Selain itu tujuan diadakannya kegiatan ini juga adalah untuk menaikkan minat warga menjadi nasabah bank sampah .

Selanjutnya semakin membudayakan hidup bersih serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga bahwasannya sampah jika diolah dapat bernilai ekonomis.

Turut hadir mendampingi Bupati, Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Kepala Dinas PMD PPA Henri Silalahi, Kabag Tata Pemerintahan Samuel Lumbanraja,Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan Samosir. (MC Toba pkp)