Pemkab Sergai Tidak Bisa Laksanakan Program, Disebabkan Anggaran Belum Cair

256

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Usai Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sergai digelar pada 9 Desember 2020 yang lalu dan hingga saat ini para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tidak dapat melaksanakan berbagai program diantaranya pembangunan yang dikhabarkan disebabkan anggaran belum cair dari Pemerintah Pusat.

Kondisi tersebut berdampak terhadap lesunya aktivitas pejabat di Kabupaten Sergai. Informasi lain yang diterima dari berbagai Kepala OPD di Pemkab Sergai, Kamis (18/2/3021) menyebutkan belum bisa dicairkannya anggaran semua OPD disebabkan oleh penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Penerapan sistem tersebut mengacu kepada Permendagri No. 70 tahun 2019 tentang SIPD.

Namun, sistem informasi pembangunan daerah secara online ini yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan dan mengakses data dimana saja, ternyata sistem tersebut malah menimbulkan kendala dalam proses pencairan anggar an bagi Pemkab Sergai. Ujar salah satu Kepala OPD di Pemkab Sergai, Kamis (18/2/2021) yang enggan disebutkan namanya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset (PKA) Sergai Rusmiani Purba, SP, M. Si, terkait keresahan para OPD sejak Januari hingga Februari 2021 belum bisa dilaksanakan kegiatan dan program yang disebabkan anggaran belum cair, Kamis (18/2/2021) sekira pukul 10.08 Wib, melalui SMS dan telepon seluler tidak ada jawaban. (AfGans)