Pemkab Nias Barat, Kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu, Raih Penghargaan UHC Tahun 2023

249

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Penyerahan UHC Award 2023 kepada 22 Kepala Daerah Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia dilaksanakan di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Karena dinilai memiliki komitmen untuk memberi perlindungan dan jaminan kesehatan bagi warganya, Pemerintah Kabupaten Nias Barat di bawah kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu, meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Republik Indonesia.

UHC Award 2023 diberikan kepada Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Atas penghargaan UHC yang diterima Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengatakan bahwa, penghargaan tersebut diraih atas dukungan dan kerjasama semua pihak.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa pencapaian UHC merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan UHC ini, diharapkan masyarakat di Kabupaten Nias Barat dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam hal pelayanan kesehatan, khususnya di Kabupaten Nias Barat. Cukup membawa KTP di fasilitas kesehatan, pasti dilayani secara gratis,” jelasnya.

Penyerahan penghargaan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur serta Bupati dan Walikota yang meraih Penghargaan UHC. (Wardiy)

Artikulli paraprakDisdukcapil Nias kembali menyerahkan Payung Alakkia di Puskesmas
Artikulli tjetërGelar Gathering Warrior of Kindness, Dompet Dhuafa Sambung Kebaikan Kolaborator Bersamai #RamadanDariHati