Pemkab Nias Barat Adakan Vaksinasi Perdana, Wakil Bupati Orang yang Pertama

145

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu sekaligus Bupati Terpilih menjadi orang pertama penerima Vaksin Sinovac Covid-19 pada acara pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nias Barat yang bertempat di RSUD Pratama Nias Barat, Selasa (16/02/ 2021).

Sebagaimana aturan Vaksin Covid-19 yang dijelaskan Tim Pelaksana bahwa yang berhak mendapat Vaksin Sinovac ini adalah mereka yang berumur 18 – 59 tahun dan Wakil Bupati masuk kategori penerima Vaksin karena masih berumur 55 tahun lebih (kelahiran 1965). Usai mendapat Vaksin, pasien harus istrahat selama 30 menit setelah melalui proses pendaftaran kemudian pengukuran suhu tubuh baru pelaksanaan Vaksin dan terakhir mendapat sertifikat.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely S.Pd MM yang turut hadir pada kegiatan vaksinasi tersebut, mengimbau agar masyarakat jangan ragu untuk divaksin, dan agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ini program nasional. Vaksin ini tidak ada masalah, pelayanan vaksin juga kita lihat sesuai SOP, tadi bagus, steril tidak ada yang perlu ditakuti, Sesuai aturan bahwa yang boleh mendapat Vaksin Covid-19 adalah mereka yang berumur 18 – 59 tahun, sehingga saya (Bupati) tidak bisa di vaksin karena umur lebih 60 tahun. Kepada tim pelaksana dan para dokter bekerjalah dengan baik, layani masyarakat dengan prima penuh kasih dan ikuti aturan dalam menjalankan kegiatan ini”, ujarnya.

Tokoh agama Pastor Purwo yang turut mendapat kesempatan dalam vaksinasi Covid-19 mengucapkan terima kasih karena mendapat kesempatan pada tahap pertama vaksinasi, dan mengimbau agar umat/ jemaat ketika mendapat giliran vaksin kedepan agar mau divaksin. “Mari kita sama sama memutus rantai covid19,” sapanya.

Adapun nama-nama yang ikut di Vaksin Covid-19 hari ini sebagai berikut ; Khenoki Waruwu (Wakil Bupati Nias Barat), Prof. Dr. Fakhili Gulo (Sekretaris Daerah), Drs. Evolut Zebua (Ketua DPRD), Sabahati Gulo, S.Sos (Kepala BAPPEDA), Salome Waruwu (Plt. Kadis PMPTSP), Martinus Harefa (Kepala KEMENAG), IG. PURWO SURANTO (Pastor PAROKI), Kapten Inf. Aman Simbolon (Danramil Sirombu), IPDA Osiduhugo Daeli (Kapolsek Sirombu), Ernawati Gulo, S.Pd.,MM (Camat Mandrehe), Famaha Daeli (Kades Onolimbu), Salome Hia (Tokoh Masyarakat), Iwan Sumaria Gaurifa (Direkrur RSUD Pratama Kab. Nias Barat), Sebastianus Lahagu (Anggota Koramil 09/Sirombu), Carles N Telaumbanua (Anggota Koramil 09/Sirombu), Ketua MUI Nias Barat. (Wardiy)