Pemkab Nias Barat Adakan Rapat Koordinasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2021

176

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah kabupaten (Pemkab) Nias Barat dalam hal ini Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu membuka Rapat Koordinasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Nias Barat, yang dilaksanakan bertempat di Alun-Alun Omo Sebua Pendopo Bupati Nias Barat – Onolimbu, Senin (10/05/2021).

Bupati Nias Barat menyampaikan bahwa, Rapat Koordinasi yang dilaksanakan hari ini sangatlah penting dalam rangka meningkatkan sinergi antara seluruh lapisan yang memiliki tugas dan fungsi terkait Penyaluran Dana Desa Tahun 2021 sehingga diharapkan dengan adanya Rapat Koordinasi ini dapat mempercepat Penyaluran Dana Desa Tahun 2021.

Agenda Rapat Koordinasi ini perlu membahas tentang permasalahan-permasalahan serta kendala yang dihadapi dalam Penyaluran Dana Desa sekaligus membahas solusi atau langkah-langkah strategis untuk mengatasi setiap kendala dan permasalahan.

Mari Bapak/Ibu Kepala Desa benar-benar memaknai tujuan adanya Dana Desa, yaitu untuk meningkatkan pelayanan publik di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.

Kita mengetahui bersama bahwa munculnya Virus Corona Disease 2019 sangat meresahkan dan mengganggu tatanan kehidupan manusia diberbagai sektor, baik sektor pendidikan, sektor ekonomi, maupun sektor sosial yang mengakibatkan pembatasan pertemuan-pertemuan di tengah-tengah masyarakat.

Sektor utama yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, yaitu sektor ekonomi. Ekonomi tidak berputar, turunnya harga komoditi, daya beli dan hasil kebun masyarakat tidak dapat diperjualbelikan dan hal ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Melihat kondisi dimaksud, sangatlah diharapkan peran Pemerintah Desa dalam mengambil kebijakan yang tepat program 100 hari kerja Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan Pemerintah Desa wajib segera menyusun data desa melalui Profil Desa.

Profil Desa sangat penting untuk menunjang pembangunan desa yaitu sebagai data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa. Profil Desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan program peningkatan kapasitas penduduk desa.

Ketersediaan data yang diwujudkan dalam profil desa akan mempermudah dalam proses perencanaan pembangunan desa dan harapannya program-program pembangunan yang dibuat untuk memulihkan ekonomi warga masyarakat desanya masing-masing.

Bupati Nias Barat mengajak, mari kita bangun Nias Barat dengan sepenuh hati dengan memberikan segala kemampuan yang dikaruniakan Tuhan kepada kita, bergandeng tangan, saling tolong menolong, dan kiranya masyarakat saling berpartisipasi membangun Nias Barat tercinta karena kami menyadari bahwa dukungan dan peran serta Bapak/Ibu sekalian sangat berperan dalam mewujudkan Visi Misi Bupati/Wakil Bupati Nias Barat, yaitu TERWUJUDNYA NIAS BARAT YANG BERSIH, UNGGUL, DAN MAJU.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si., Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya. (Wardiy)