Pemkab Aceh Singkil Gelar Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik Kepada Seluruh Awak Media

303

ACEH SINGKIL (Aceh) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil Fasilitasi Pelatihan Jurnalistik untuk para insan pers di ruangan off room Setdakab Lantai Dua, Selasa, 6/6/2023. Pulo Sarok Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam laporannya Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Singkil Abdul Rahman dan sebagai Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti Pelatihan sebanyak 74 peserta yang diselenggarakan selam dua hari penuh mulai tanggal 6 -7 Juni 2023.

Tujuan pelatihan ini digelar adalah untuk mengembangkan kinerja jurnalistik mampu bersikap objektif, menambah wawasan kewartawanan, melatih Jurnalistik baik dan terstruktur. Mampu melatih kepercayaan diri dalam pemberitaan. Ucapnya

Kemudian, Dalam sambutannya Pj. Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST. D. E. A menyampaikan melalui Pelatihan Jurnalistik ini diharapkan bisa memainkan perannya dengan baik, menyampaikan pesan – pesan dari Pemerintah Daerah kepada masyarakat kedepan saya berharap kolaborasi Pemda dengan Jurnalis dapat berjalan dengan baik untuk membangun daerah ini. Ucap Marthunis.

Selanjutnya, dalam acara inti Narasumber dalam Bimtek Jurnalis tersebut Yarmen Dinamika Putra Asli Aceh Singkil yang sengaja didatangkan dari Provinsi dan juga merupakan wartawan senior yang sudah lama berkecimpung didunia Jurnalistik.

Dalam pembukaan paparannya menjelaskan Merasa Sangat terharu diundang sebagai narasumber pelatihan jurnalistik bagi wartawan Aceh Singkil bagi saya ini sebuah kehormatan bagi saya pribadi.

Lanjut Yarmen, tugas wartawan ada 6 M yang harus diketahui yaitu mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyiarkan info ke enam tugas itu sangat berperan untuk menjalankan tugas serta pelaporan dalam pemberitaan. Dalam penyajian berita juga harus ada nilai berita, ada unsur menarik dalam berita, berita bukan Opini,

Selanjutnya, Yarmen menekankan Setiap menerbitkan berita wajib konfirmasi terlebih dahulu harus berimbang dan jangan berat sebelah, adapun jenis – jenis berita yang harus diketahui setiap wartawan adalah :
1. Spot news (berita peristiwa)
2. Talky news (berita wawancara atau narasumber)
3. Straight news (berita lurus atau ceremony)
4. News Feature (berita sastra)
5. Trend news (berita yang dikembangkan)
6. Indepth news (berita yang digali atau berita yang ditulis secara mendalam)
7. Investigasi reporting (berita dari hasil penyelidikan untuk membongkar sesuatu yang sengaja ditutupi dari publik.

Kemudian, dalam materi Pelatihan Jurnalistik ini ia menyampaikan langkah – langkah dalam pemberitaan diantaranya :
1. Kiat Menulis Reportase di media massa
2. Teknik meliput berita
3. Jurnalisme Investigasi
4. Menjadi editor berita dan artikel opini

Terakhir, Yarmen berharap kedepan setelah selesainya pelatihan Jurnalistik ini para wartawan Aceh Singkil semakin profesional dalam melakukan tugasnya sebagai seorang jurnalis sajikanlah berita sesuai fakta dilapangan, jaga kode etik sebagai Jurnalis.

Turut hadir dalam pembukaan acara Bimtek Jurnalistik, Pj. Bupati Aceh Singkil, Sekretaris Daerah, Dandim 0109 Aceh Singkil, Kapolres Aceh Singkil, Ketua MPU Aceh Singkil, Kepala Baitul Mal Aceh Singkil, Ketua MAA Aceh Singkil, Serta Para peserta pelatihan. (R84)