Pemerintah Kota Gunungsitoli Peringati Hari Keluarga Nasional ke XXVIII

47

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menghadiri pelaksanaan kegiatan Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII (28) Kota Gunungsitoli Tahun 2021, bertempat di Halaman Kantor Walikota, Jumat 22 Oktober 2021.

Dikutip dari Kominfo Kota Gunungsitoli, Walikota dalam sambutanya sampaikan
”Atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli, kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII (28) Kota Gunungsitoli Tahun 2021 dengan tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, sambut Walikota Gunungsitoli melalui arahan dan bimbingannya.

Beliau menyampaikan bahwa Tema Harganas tahun ini sangat strategis karena mengingatkan kita semua betapa pentingnya peran keluarga dalam pembangunan terutama dalam pencegahan dan penurunan angka stunting yaitu pemenuhan gizi tumbuh kembang anak oleh keluarga serta dengan menerapkan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan. Juga peningkatan ketahanan keluarga melalui 4 (empat) pendekatan ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, keluarga peduli dan keluarga berbagi.

Walikota Gunungsitoli juga mengharapkan peran keluarga untuk lebih peduli dalam pengasuhan anak secara baik. Walaupun dalam situasi masa pandemi Covid-19, tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat mengalami penurunan dan hal ini sangat berpengaruh terhadap pemenuhan gizi anak dan balita.

‘’Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kepada peserta lomba, saya ucapkan selamat kepada pemenang. Jayalah Keluarga Indonesia, Jayalah Keluarga di Kota Gunungsitoli,” pungkas Walikota Gunungsitoli mengakhiri arahan dan bimbingannya.

Acara berlangsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana 0213 Nias, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Staf ahli, Asisten, para Kepala OPD lingkup Kota Gunungsitoli, para Camat, peserta lomba, dan hadirin lainnya. (Wardiy)