Pemerintah Kecamatan Merupakan Garda Terdepan Dalam Pelayanan Terhadap Masyarakat

67

NIAS BARAT, (Sumut) Ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat lasanakan kegiatan Pembekalan bagi Aparatur Kecamatan se-Kabupaten Nias Barat, bertempat di Ruang Afo Bappeda, Onolimbu Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (06/08/2021).

Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si., dalam arahan dan bimbingannya, menyampaikan bahwa, Pemerintah Kecamatan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dan garda terdepan dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat.

Hal ini yang menjadikan Aparatur Kecamatan sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh Bupati/Wali Kota kepada Aparatur yang di tingkat Kecamatan.

Wakil Bupati Nias Barat mengharapkan agar aparatur Kecamatan dapat memiliki kualifikasi Sumber Daya Manusia, sebagai berikut: 1).Memiliki wawasan pengetahuan, keterampilan dan inovatif sehingga mampu menunjang pencapaian sasaran dan bidang tugas dalam organisasi; 2).Memiliki etos kerja yang disiplin, dedikasi dan loyalitas terhadap pekerjaan dan organisasi; 3).Memiliki rasa tanggung jawab dan pemahaman yang mendalam terhadap tugas dan kewajibannya sebagai Pegawai Negeri Sipil;4).Memiliki jiwa dan kemauan serta niat yang tulus untuk berprestasi, produktif dan bersikap profesional; dan 5).Memiliki pola pikir dan pola tindak yang sesuai dengan Visi dan Misi Bupati/Wakil Bupati Nias Barat.

Juga Beliau mengingatkan kepada seluruh peserta agar memperhatikan dan mencermati dengan serius materi yang disajikan oleh para Narasumber serta mengikuti sesi diskusi atau tanya jawab dengan sebaik-baiknya sehingga melalui pembekalan ini saudara Camat dan seluruh Aparat Kecamatan dapat memiliki ilmu dan menerapkannya dalam pelaksanaan tugas yang dipercayakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Dengan demikian Aparatur Kecamatan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapat serta bagi para Camat dapat melakukan berbagai pembenahan, seperti:1).Mewujudkan visi, misi dan tujuan pelayanan prima di Kecamatan;2).Menata prosedur ketatalaksanaan agar lebih efektif, efisiensi dan unggul dalam pelayanan publik;3).Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Kecamatan sesuai dengan tuntutan pelayanan masyarakat;4).Melakukan inovasi dan efisiensi guna mewujudkan pelayanan birokrasi yang bersih, unggul dan maju.

Kegiatan Pembekalan bagi Aparatur Kecamatan se-Kabupaten Nias Barat dihadiri oleh;Wakil Bupati Nias Barat, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Kepala Camat se-Kabupaten Nias Barat serta jajaran dan Kabag Tapem. (Wardi)