Pemerintah Kab. Nias Utara Laksanakan Acara Panen Jagung Bersama

189

NIAS UTARA (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kab. Nias Utara melaksanakan Acara Panen Jagung bersama yang dilaksanakan di Lahan Kelompok Tani Karamaelo Desa Bitaya Kec. Alasa. Nias Utara, 18 Oktober 2022

Dalam Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Nias Utara menyampaikan sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kab. Nias Utara saat ini salah satunya meningkatkan kesejahteraan petani dengan motto ‘Gerakan Rakyat Bertani’ maka melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Pemda Nias Utara menetapkan satu lokus sebagai ikon Kab. Nias Utara mengenai tanaman jagung salah satunya di Kec. Alasa.

Dengan budidaya tanaman jagung ini masyrakat sangat merespon dan petani jagung di Nias Utara semakin meningkat, hingga pada bulan September 2022 lahan jagung di Nias Utara seluas 456 Hektar dan khusus di Kec. Alasa mencapai kurang lebih 400 hektar.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Bitaya Yuprianus Zalukhu sangat menyambut baik program Pemda Nias Utara tentang pembudidayaan tanaman jagung, Kades menyampaikan bahwa masyarakat di Kec. Alasa khususnya di Desa Bitaya para petani tergerak hati untuk menanaman jagung dengan bantua pendampingan dari Pemda, dan saat di Desa Bitaya lahan jagung sudah terbuka kurang lebih 72 hektar dan cara pembudidayaan masih dilakukan secara tradisional.

Sementara itu, mewakili Forkopimda Kep. Nias disampaikan Dandim 0213 Nias dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi dengan program Pemda Nias Utara dalam memajukan Pertanian di Nias Utara. Dandim 0213 Nias juga berharap dengan kegiatan panen bersama tanaman jagung di Kab. Nias Utara semoga para petani di Nias Utara semakin maju dan menjadi berkat bagi masyarakat khususnya diwilayah Desa Bitaya dan sekitarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kab. Nias Utara dalam sambutannya mengapresiasi program yang dilakukan oleh Pemda Nias Utara yang banyak melakukan terobosan-terobosan dalam membangun Kab. Nias Utara khususnya di sektor pertanian. Wakil ketua DPRD Nias Utara mengajak masyarakat Nias Utara untuk semangat bertani, karena Pemda sangat mendukung para petani sehingga terbukti pada saat ini dari Kementrian Pertanian melalui Direktur Irigasi Pertanian datang langsung melihat semangat para petani di Nias utara, semoga kedepan pertanian di Nias Utara semakin maju.

Pada kegiatan Panen Bersama Tanaman Jagung di Kec. Alasa Bupati Nias Utara dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dimana pada hari dapat dilakukan panen bersama tanaman jagung di Kab. Nias Utara. Bupati menyampaikan bahwa IPM Nias Utara saat ini 62,36 dan masih rendah dibanding IMP Provinsi dan Nasional.

Saat ini masyarakat Nias Utara 50 persen berprofesi sebagai petani. Bupati berharap dengan Penen Bersama Tanaman Jagung ini masyarakat terus semangat, dan target Pemda Nias Utara pada 2023 lahan akan membuka lahan jagung sekitar 2.000 Ha dengan memohon intervensi bantuan dari Kementrian Pertanian RI.

Sementara itu Kepala dinas TPH Provinsi Sumatera Utara diwakili Jhony Hakim Putaba selaku Kabid Sarana Prasarana dan Penyuluhan dalam sambutannya merasa sangat bangga dengan program pertanian di kab. Nias Utara dan berharap semoga kedepan Nias utara semakin maju dan semakin sukses khususnya dalam sektor pertania, serta mengajak seluruh masyarakat Nias Utara untuk rajin bertani.

Sementara itu Dirjen Serealia Kementrian Pertanian RI Indra menyampaikan bahwa dengan melihat langsung semangat Pemda Nias Utara dalam memajukan sektor pertanian, maka pihak Kementrian Pertanian RI sangat mendukung program pertanian khusunya tanaman jagung di Nias Utara, pihaknya mendorong Pemda Nias Utara kedepan akan terus membudidayakan tanaman jagung, dan berharap Kab. Nias Utara kedepan menjadi Kabupaten penghasil jagung.

Pada arahan dan bimbingan yang disampaikan Direktur Irigasi Pertanian Kementrian Pertanian RI Ir. Rahmat, M.Sc dalam arahannya sangat mengapresiasi Kab. Nias Utara yang menggerakkan masyarakat untuk bertani. Pihaknya melihat kondisi Nias Utara sangat subur, dan berharap masyarakat harus memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam Nias Utara yang sangat luar biasa dan mendukung untuk memajukan pertanian. Pihak Kementrian Pertanian juga sangat mendukung program yang dibuat Pemda Nias Utara, dan seluruh keluhan masyarakat terkait masalah dan kendala dilapangan, pihak Kementrian Pertanian siap mesuport dan membantu para petani di Nias Utara.

Pada Panen Bersama Tanaman Jagung di Kec. Alasa Kementrian Pertania RI juga memberikan bantuan kepada para Kelompok Tani khususnya di Kec. Alasa yakni Kelompok Tani Karamaelo, Faomasi, Fahasara Dödö, Khöda, Bahagia, Tetehowa, Faeri, Inspirasi dan Kelompok Tani Serasi. (Wardiy)