Pemecah Gelombang Pelabuhan Sirombu Dibangun Dengan Anggaran 61 Miliar

198

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Gelombang di pelabuhan Sirombu Kabupaten Nias Barat akan dimulai pembangunannya pada tahun ini dengan anggaran sebesar Rp. 61 Miliar. Hal itu diungkapkan Kepala UPP Sirombu Muh. Saleh kepada Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, saat meninjau lokasi rencana pembangunan pemecah gelombang di Pelabuhan Sirombu, Senin (27/2/2023).

“Minggu depan ini pembangunan pemecah gelombang pelabuhan Sirombu akan dilelang dengan anggaran Rp. 61 Miliar. Mohon dukungan dari pemerintah dan masyarakat sekitar agar mendukung dan menjaga proses pembangunan ini,” ungkap Saleh di hadapan Bupati Nias Barat.

Lebih lanjut Ia jelaskan bahwa pembangunan pemecah gelombang di Pelabuhan Sirombu merupakan tindaklanjut atas usulan pemerintah Kabupaten Nias Barat beberapa waktu yang lalu dan telah menjadi salah satu prioritas Kementerian Perhubungan RI.

“Pembangunan ini merupakan salah satu program prioritas Kementerian Perhubungan yang ditargetkan pembangunannya selesai tahun ini,” jelasnya.

Terkait rencana pembangunan pemecah gelombang di Pelabuhan Sirombu tersebut, dilansir dari niasbaratkab.go.id, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, mengaku cukup gembira karena pembangunan tersebut sudah lama diidam-idamkan oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Dengan terbangunnya pemecah gelombang tersebut, kapal bisa bersandar dengan aman di dermaga pelabuhan sirombu.

Iapun berharap agar masyarakat Nias Barat terutama yang tinggal di sekitar lokasi pelabuhan Sirombu agar mendukung rencana pembangunan ini sehingga dapat selesai tepat waktu sesuai yang telah direncanakan.

“Saya mengharapkan kepada warga Nias Barat terutama yang tinggal di sekitar pelabuhan Sirombu, supaya mendukung dan menjaga agar proses pembangunan berjalan lancar dan selesai tepat waktu”, harapnya.

Bupati Nias Barat mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Ia dan Kepala UPP Sirombu berkunjung di Kementerian Perhubungan, meminta supaya pelabuhan Sirombu dapat disinggahi oleh kapal, sehingga transportasi laut di daratan Sumatera dan antar pulau di wilayah Nias Barat semakin lancar dan pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat.

“Saya dan Kepala UPP Sirombu telah sepakat dalam waktu dekat akan berkunjung di Kementerian Perhubungan, meminta supaya ada kapal yang singgah dan beroperasi di pelabuhan Sirombu, sehingga transportasi semakin lancar, perputaran dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar semakin meningkat,” ujar Bupati Nias Barat.

Turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat pada kesempatan itu, antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra Silvester Daeli, SH. Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Ernawati Gulo, M.M., Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Taufik Hidayat Hia, M.Si, Sekretaris Dinas Perhubungan Yupiter Gulo, S.Pd., Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Sonifati Zebua, M.M., Camat Sirombu Mesrawani Zalukhu, S.AP dan Kapolsek Sirombu Ipda Osiduhugo Daeli. (Wardiy)