Pemdes Suka Damai Dan Masyarakat Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2022

246

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Pemerintah Desa Suka Damai Kecamatan Singkil, gelar musyarawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa tahun anggaran 2022 dalam rangka menyusun program desa menuju Indonesia bebas virus Corona desease. yang diadakan dikantor Desa Suka Damai, Jumat (19/11/2021).

Dalam sambutannya Ketua BPKam Desa Suka Damai Uyung Paris mengatakan didalam Musrenbang Desa pada tahun ini terkendalannya pembanagunan tahun 2021 akibat covid 19 sehingga menghambat terbentuknya anggaran atau program – program Desa yang kita laksanakan. Maka dari itu ditahun 2022 kita akan usulkan kembali program yang sudah kita usulkan pada tahun kemaren.

Lanjutnya, saya menginginkan kepada oara Kadus untuk nanti membicarakan program – program yang terbengkalai pada tahun yang lalu. Dan kami dari APKAM (Anggaran Perbelanjaan Kampung) dan Pemerintah Desa selalu bersinergi untuk menyukseskan pembangunan Desa Suka Damai 2022. Ucapnya

Selanjutnya, Kepala Desa Suka Damai Arifin dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan undangan kepada bapak – bapak dan ibu – ibu dalam acara Musrenbang ini bahwasanya kita kembali mengulas usulan tahun 2021 karena kita terkendala covid 19 makanya tidak dapat dilaksanakan. Untuk itu pada Hari ini kita bahas kembali.

Untuk perangkat Desa dan anggota BPKam yang hadir saya saya harapkan menyampaikan hasil Musrenbang ini nantinya kepada masyarakat yang tidak hadir agar tidak terjadi salah paham dan tidak menjadi cerita yang tidak baik. Maka dari itu apabila ada usulan – usulan sampaikan saja di forum apapun usulan bapak – bapak dan ibu – ibu semua akan kita tampung. Ujarnya

Kemudian, Camat Singkil melalui Sekretaris Camat Singkil (Sekcam) Mansurdin dalam dalam sambutannya juga mengatakan Musrenbang Desa tahun 2022 ini merupakan cikal bakal terealisasinya pembangunan tahun 2022. Sehingga musyawarah ini dianggap penting untuk menerima saran dan masukan seluruh masyarakat untuk membangun desa ditahun 2022 nanti.

Lanjut Mansur, Masyarakat Kampung Suka Damai pasti bertanya – tanya kenapa usulan tahun 2021 yang telah tertuang di APBKAM tidak bisa dilaksanakan. Apa sebabnya? Sebabnya adalah bahwa Pemerintah Desa melalui surat instruksi Bupati, melalui surat Keputusan Mentri bahwa segala APBKAM yang sudah disahkan Pemerintah Desa dilakukan perubahan untuk menangani covis 19 yang berdampak luas terhadap ekonomi masyarakat.

Segala perubahan yang terjadi dalam APBKAM Desa Suka Damai bukanlah kesengajaan dari Pemerintah Desa tapi memang ditahun ini hampir 6 kali terjadi perubahan APKAM untuk menangani covid 19. Sehingga meluluh lantakkan ekonomi masyarakat. Tutupnya

Turut hadir dalam Musrenbang Desa, Kepala Desa Suka Damai beserta perangkat, Sekretaris Desa, Ketua BPG beserta anggota, Sekcam Singkil beserta staf, Pendamping Lokal Desa, Perangkat Syarak dan jajarannya dan masyarakat lainnya.

Setelah itu, pada acara inti langsung dibahas tentang usulan pembangunan dari masyarakat 3 Dusun untuk tahun 2022. Diantara usulan yang paling dominan adalah Rehab Mesjid, tanah timbun, dan Kegiatan Pelatihan Zikir Maulid. Dalam amatan media Acara Musrenbang Desa berjalan sukses Sampai akhir acara dan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes). (R84)