Pembangunan Masjid Taqwa Siunggas Ditengah Komunitas Muslim Minoritas

432

TAPANULI UTARA (Sumut) ketikberita.com | Minggu, (21/11) prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Taqwa Siunggas Desa Sitolubahal Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara dilakukan secara simbolis.

Didampingi Kepala TU Kemenag Taput, Abdurrahman Munir Aritonang MAP, ketua MUI kabupaten Tapanuli Utara, Samsul Pandiangan, mewakili Kankemenag Taput, Kepala Seksi Pendidikan Islam Daul Gultom SPdI, kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Purbatua, Amir Mahmud Aritonang SAg dan sejumlah donatur melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Taqwa Siunggas.

Masjid Taqwa Siunggas tidak bisa lepas dari sejarah peradaban Islam di Luat Pahae.
Didirikan sebelum kemerdekaan Indonesia yaitu pada tahun 1932 oleh tiga tokoh Negeri Siunggas ketika itu, masjid Taqwa Siunggas juga telah menjadi wadah perjuangan pemberantasan buta aksara melalui madrasah yang pernah diasuh oleh tuan guru Haji. Mansur dari Sumatera Barat.

Sayang setelah Soekarno Hatta mengumumkan kemerdekaan negara Indonesia, Haji Mansur pulang ke kampung halamannya di Sumatera Barat.

Setelah itu, Masjid yang berada di Desa Sitolubahal itu telah mengalami pemugaran sebanyak tiga kali dan kemudian dibangun total kembali pada hari ini, Ahad ( 21/11).

Sebagaimana disampaikan panitia pembangunan masjid Taqwa Siunggas, Abdul Rahman Sitompul, jemaah Masjid ini hanya sekitar 30 kepala keluarga saja yang menghuni dua desa terdekat yakni di Desa Sitolubahal sekitar 29 kepala desa dan selebihnya di Desa Robean sebanyak 2 kepala keluarga.

Dalam sambutannya, ketua panitia pembangunan Masjid Taqwa Siunggas, Abdul Rahman Sitompul mengharapkan perhatian khusus dari umat Islam di luar Tapanuli Utara.

“Dengan jumlah yang Minoritas ini selayaknya kami mendapatkan perhatian dari saudara kami yang berada di luar Tapanuli Utara”, harapnya.

Untuk itu lanjut Abdul Rahman Sitompul, kami sangat mengharapkan uluran donasi melalui infak sedekah untuk keperluan pembangunan Masjid Taqwa Siunggas.

“Silahkan disalurkan melalui rekening panitia pembangunan masjid Taqwa Siunggas, Bank BRI Unit Sarulla 5392 0102 1894 539 dan Bank Sumut Kantor Kas Sarulla nomor rekening 3250 20400 10 716”, Ujarnya berharap. (ARS)