Pelantikan DPC HPI Nias Barat, Bupati Harapkan HPI Bekerjasama Kembangkan Pariwisata

210

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengharapkan agar Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Nias Barat dapat bekerjasama dan menjadi mitra strategis pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam menpromosikan dan memajukan pariwisata.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Nias Barat melalui sambutan dan arahannya pada pelantikan DPC HPI Kabupaten Nias Barat Periode 2022-2027 yang dilaksanakan di Aula Soguna ba Zato, Selasa (29/11/2022).

“Melalui organiasi HPI Kabupaten Nias Barat diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk bersama-sama membangun dan membesarkan pariwisata Kabupaten Nias Barat di tingkat Provinsi, Nasional bahkan internasional”, harap Bupati.
Lebih lanjut mengatakan bahwa pariwisata Nias Barat masih dalam proses pengembangan, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Baik infrastruktur, layanan, akomodasi maupun transportasi. Untuk itu, Ia berharap dengan terbentuknya HPI dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan layanan dan kesadaran wisata masyarakat Nias Barat.

Selain itu, pembentukan DPC HPI Kabupaten Nias Barat diharapkan menjadi wadah bagi para pramuwisata yang dapat memberi informasi, petunjuk keamanan dan kenyamanan bagi para tamu atau wisatawan yang berkunjung di Nias Barat.

Sementara Ketua DPD HPI Provinsi Sumatera Utara, Kus Endo mengatakan bahwa, organisasi HPI merupakan salah satu organisasi tertua yang terdaftar di Kementerian Pariwisata selain ASITA dan PHRI. Keberadaannya adalah sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan pariwisata, baik di pusat, provinsi maupun di Kabupaten/Kota.

Sebelumnya, Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, melaporkan bahwa pembentukan dan pelantikan pengurus DPC HPI Kabupaten Nias Barat dimaksudkan sebagai langkah strategis untuk penguatan kelembagaan dan peningkatkan sumber daya manusia dalam hal pelayanan pariwisata serta mempromosikan kekayaan tradisi, budaya, serta sumber daya alam Kabupaten Nias Barat kepada wisatawan lokal, wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa, pelantikan pengurus DPC HPI Kabupaten Nias Barat bertujuan untuk meningkatkan kelembagaan pariwisata daerah sebagai mitra pemerintah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal pemanduan wisata, mempromosikan potensi dan produk unggulan pariwisata Kabupaten Nias Barat dan mendorong kesadaran wisata masyarakat.

Pelantikan Pengurus DPC HPI Kabupaten Nias Barat dihadiri Bupati Nias Barat, Ketua dan Wakil Ketua DPD HPI Provinsi Sumatera Utara Kadis Parbudpora Kabupaten Nias Barat dan pimpinan OPD lainnya, seluruh pengurus HPI Kabupaten Nias Barat dan hadirin lainnya. (Wardiy)