Pastikan Langsung Tingkat Paling Detail Kinerja Jajarannya, Bobby Nasution Lebih Presisi Terapkan Pembangunan

137

MEDAN ketikberita.com | Tidak hanya sekadar memberi instruksi, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga langsung turun langsung ke lapangan untuk memastikan program-program pembangunan yang dijalankan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dilakukan manantu Presiden Joko Widodo ini guna melihat secara detail kinerja jajarannya, terutama terkait penanganan infrastruktur dan drainase yang merupakan program prioritasnya saat ini.

Seperti yang dilakukan dilakukan Bobby Nasution baru-baru ini ketika meninjau pembetonan jalan di Gg Lomba Lingkungan 25, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Sabtu (6/11) lalu. Peninjauan dilakukan orang nomor satu di Pemko Medan ini untuk memastikan pengerjaan pembetonan berjalan dengan baik dan menggunakan bahan yang sesuai spesifikasi, agar hasilnya berkualitas sehingga memuaskan masyarakat.

Menapaki jalan-jalan kecil, Bobby Nasution menyusuri pemukiman rumah warga. Kehadirannya pun disambut gembira masyarakat sekitar, apa lagi tujuannya untuk melihat kondisi jalan yang dibeton tersebut. Pasalnya, selama ini jalan tersebut kondisinya terbilang memprihatinkan dan kerap digenangi air karena letaknya yang lebih rendah dari badan jalan.

Tidak hanya pembetonan, kondisi drainase yang ada di gang itu tidak luput dari perhatian Bobby Nasution. Saat mengecek kesiapan pembetonan yang akan dilakukan, ia melihat parit warga yang tidak sesuai standar. Selain kurang lebar, kondisinya juga mengalami pendangkalan sehingga diyakini tidak mampu menampung debit air saat hujan deras turun. Oleh karenanya suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini, minta agar drainase juga diperbaiki.

“Saat memperbaiki gang atau pun jalan, maka drainase juga harus diperhatikan. Hal ini penting, sebab drainase yang tidak sesuai standar, tentunya tidak mampu menampung dan mengalirkan air saat hujan deras turun. Akibatnya air akan melimpah dan menggenangi jalan maupun gang yang baru selesai diperbaiki. Jika ini terus berlangsung, tentunya akan mempercepat jalan atau gang yang baru diperbaiki akan rusak kembali,” kata Bobby Nasution.

Gaya kepemimpinan Bobby Nasution yang kerap turun langsung ke lapangan ini mendapat sambutan baik dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area (FISIP UMA) Dadang Darmawan Pasaribu MSi. Diungkapkan Dadang, apa yang dilakukan Bobby Nasution memang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin.

“Ya, memang seperti itulah seharusnya pemimpin. Turun ke lapangan, bukan hanya sekadar duduk di belakang meja. Sebab, pemimpin itui harus melihat langsung realitas yang ada di lapangan,” bilang Dadang saat dihubungi di Medan, Kamis (11/11).

Dadang selanjutnya menilai, jika hal (turun ke apangan) tersebut bisa dilakukan secara konsisten, Bobby Nasution akan menerima informasi yang lebih valid dari masyarakat. Tentunya hal itu, imbuh Dadang, akan sangat membantu kinerja Bobby Nasution ke depannya.

“Saya sangat mendukung dengan apa yang dilakukan Wali Kota ini hingga akhir. Karena itu sangat penting bagi masyarakat yang memang membutuhkan saluran dan komunikasi terbuka dengan Wali Kota. Apalagi keluhan yang disampaikan itu disahuti Wali Kota,” ungkapnya seraya mengaku yang dilakukan pria dua anak tersebut sangat baik.

Sesuai semangat Bobby Nasution yang diusung yakni kolaborasi, lanjut Dadang, salah satu kolaborasi dalam pemerintahan adalah keterlibatan masyarakat dalam pembangunan. Terkait itu, ungkapnya, kehadiran Wali Kota di tengah- tengah masyarakat harus dimanfaatkan dan lebih bermanfaat bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

“Selain itu juga sebagai bentuk pengingat bagi Wali Kota, sebab ia sangat berkepentingan untuk menerima dan mengelola informasi yang ada. Dengan demikian Wali Kota akan lebih presisi (akurat) dalam menerapkan pembangunan di Kota Medan,” pungkasnya. (er)