Padati Masjid Al-Munawwarah, Bupati Mursil Sebut Mayarakat Alue Lhok Sebagai Generasi Cinta Masjid

213

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn bersama Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Safari Maghrib di Masjid Al Munawwarah Kampung Alue Lhok Kecamatan Karang Baru, 20Rabu (3/03/21). Bupati Mursil tiba dilokasi Ba’da Maghrib yang menyebabkan Ia tidak ikut shalat berjama’ah.

Meski terlambat, tampaknya tidak sedikitpun mengurangi makna dari kegiatan Safari Magrib yang rutin dilaksanakan. Sebelum memberi sambutan dan arahan kepada para Jama’ah, terlebih dahulu Bupati Mursil menghaturkan permintaan maaf atas keterlambatannya.

Mengawali sambutannya disana, Bupati Mursil mengungkapkan rasa bahagia dan gembira karena melihat masjid dikampung tersebut dipadati dengan masyarakat kampung melaksanakan shalat berjama’ah. Hal ini katanya, menandakan Masjid Al-Munawwarah dimakmurkan oleh masyarakatnya.

“Alhamdulillah, yang hadir di Masjid ini tidak hanya orang tua bahkan anak-anak pun tampak ikut Shalat berjamaah. Tentunya ini menandakan generasi di Kampung ini merupakan generasi yang cinta Masjid,” ungkapnya.

Disampaikan juga olehnya informasi yang Ia terima, telah berdiri beberapa Dayah di Kampung Alue Lhok dengan jumlah santri yang bisa dibilang cukup banyak. Menurutnya, Ini semua suatu keberkatan bagi kita semua, karena keberadaan Dayah akan membentuk generasi muda islami yang jauh dari pengaruh narkoba,” ujarnya.

Dalam pada pokok kegiatan ini, seperti biasa Bupati Mursil memberikan kesempatan kepada para masyarakat untuk menyampaikan saran dan masukan, guna menjaring permasalahan dan kendala yang dialami kampung tersebut.

Hasil dari saran dan masukan masyarakat saat itu, banyaknya dari mereka yang menginginkan pembangunan dan perbaikan infrastruktur seperti jalan dan irigasi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Mursil meminta kepada masyarakat untuk bersabar dan berdoa agar Pandemi Covid-19 segera berakhir. Diterangkannya, dampak dari pandemi ini membuat terpangkasnya anggaran dalam jumlah besar yang dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Karena inilah, sehingga segala perencanaan pembangunan disegala bidang termasuk infrastruktur menjadi tertunda, yang semula Pemerintah telah mencanangkan di tahun 2022 semua jalan Kampung di Aceh Tamiang dapat diselesaikan saat ini menjadi tertunda.

“Karena inilah banyak rencana yang belum bisa kita laksanakan. Akan tetapi Insha Allah pada tahun ini untuk Kampung Alue Lhok akan dilanjutkan lagi pengaspalannya. Sedangkan pembangunan irigasi, akan dipelajari terlebih dahulu oleh instansi yanh menangani. Sebab banyak aspek yang harus di perhatikan dan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit,” jelas Bupati Mursil.

Dikesempatan itu juga, salah seorang tokoh masyarakat kampung meminta bantuan kepada Bupati Mursil dan para jamaah yang hadir untuk dapat membantu pembangunan Mushallah di Dayah Istiqamattuddin Dusun Sejahtera Kampung Alue Lhok yang dipimpin oleh Tgk. Maulidan. Menyikapi permintaan tersebut, Bupati Mursil mengajak para kepala OPD untuk berinfaq membantu pembangunan Tang Mushalla tersebut.

Dalam pelaksanaan Safari Maghrib ini, pemberian tausiah disampaikan oleh Ustadz Zakaria,S.Pd, MA. Dalam tausiah tersebut, Ustadz Zakaria berdakwah tentang Keutamaan Bulan Rajab yang disebut bulan Allah.

“Pada bulan ini mari kita introspeksi diri bagaimana hubungan kita dengan Allah. Mengingat pada bulan ini pula Rasulullah menerima perintah Shalat bagi umat Islam yang mana Shalat merupakan kunci dari ibadah. Karena walau sebanyak apapun amalan-amalan kita yang kita kerjakan, jika tidak Shalat maka semuanya menjadi sia-sia,” tutur Al Ustadz.

Kemudian Ia juga menjelaskan pesan Rasulullah bahwa ada 3 (tiga) golongan manusia yang tidak diampunkan dosanya pada Bulan Razab yaitu dosa syirik, orang yang memutuskan silaturrahmi dan orang yang durhaka.

Usai Safari Maghrib, kegiatan di lanjutkan dengan Shalat Isya berjamaah. Selesai Shalat Isya berjama’ah di lanjutkan dengan makan malam bersama. (ABS)