Pabrik Pengolahan Kayu PT. BASJ Terbakar, Kapolres Tebing Tinggi : “Kita Akan Olah TKP, Selidiki Penyebab Terjadinya Kebakaran”

205

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Jalinsum Tebingtinggi-Asahan Dusun II Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Sergai mendadak ramai, pasalnya telah terjadi Kebakaran di Pabrik Pengolahan Palet Kayu milik PT. Berkah Agung Semesta Jaya (BASJ), tepatnya Rabu (10/3/2021) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kronologis kejadian kebakaran di Pabrik BASJ, pertama kali diketahui oleh saksi kejadian yang juga karyawan pabrik tersebut, bernama Mulyadi (40), menurut keterangannya sumber api kebakaran yang terjadi di pabrik BASJ tempat ia bekerja berasal dari mesin pengelolaan produksi. Mulyadi melihat api pertama sekali dari terpal pembatas tumpukan material serbuk kayu dengan cepat merambat ke area penggilingan serbuk kayu.

Setelah mengetahui adanya api yang membakar serbuk kayu, Mulyadi bergegas melaporkan kejadian kepada pimpinannya yakni Thomas (50) Manager Operasional Perusahaan di pabrik BASJ tersebut. Kemudian seluruh karyawan pabrik berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu pemadam kebakaran yang telah dihubungi.

Dari pantauan wartawan, tepatnya dilokasi kebakaran yang terjadi pada pabrik BASJ terlihat hadir Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso S.IK, bersama dengan Kasat Reskrim Polres Tebingtinggi AKP Wirhan Arif S.H, M.H, Kapolsek Tebingtinggi AKP Doraria Simanjuntak S.H dan Kasat Sabhara Polres Tebingtinggi AKP Mukson, dalam rangka meninjau lokasi Kebakaran di pabrik tersebut.

Kemudian, saat dikonfirmasi wartawan dilokasi kebakaran, Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso S.IK menjelaskan bahwa “asal usul api diduga dari tumpukan serbuk kayu. Saat ini kita masih dalam upaya evakuasi pemadaman oleh Petugas Damkar dari Pemko Tebingtinggi dan Pemkab Sergai,” ucap Kapolres.

Dilanjut Kapolres bahwa “tidak ada korban jiwa dari kebakaran yang terjadi di pabrik ini, setelah selesai evakuasi oleh petugas pemadam kebakaran, nantinya kita akan gelar olah TKP untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran di pabrik BASJ ini”, ujar Kapolres.

Terkait evakuasi pemadaman api oleh petugas Damkar, Kepala Tim Pemadam Kebakaran Kota Tebingtinggi Hersan kepada wartawan menjelaskan bahwa “saat ini api sudah berhasil dipadamkan, sekarang pihaknya sedang melakukan pendinginan”.

Hersan juga menyebutkan sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Tebingtinggi ditambah dua unit milik Kabupaten Sergai diterjunkan untuk memadamkan api di pabrik BASJ tersebut, papar Hersan. (Ardian)