Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Bupati Ajak Perangkat Aktif

124

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengajak perangkat daerah dan seluruh pemangku kepentingan berperan aktif mewujudkan rencana program dan kegiatan pembangunan daerah yang sedang dirancang agar bermanfaat dan menyetuh langsung kepentingan masyarakat banyak.

Hal tersebut Ia sampaikan pada saat membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 yang dilaksanakan di Tokosa Hall, Kamis (17/3/2022).

Bupati Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa tantangan pembangunan ke depan tidak lah mudah, apalagi kondisi saat ini, dimana pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah, sedang melakukan berbagai upaya penanganan dampak pandemi Covid-19.

“Tanggungjawab kita ke depan dalam membangun Kabupaten Nias Barat tidak mudah, penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih harus terus ditingkatkan, mulai dari proses perencanaan pembangunan yang berkualitas, pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efesien disertai dengan pengawasan yang pada akhirnya dapat mewujudkan Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju”, ujar Bupati Nias Barat.

Oleh karena itu, Bupati Khenoki berharap kepada peserta Musrenbang, pemangku kepentingan dan para pelaku pembangunan yang hadir pada pelaksanaan Musrenbang supaya berperan aktif memberikan kontribusi pemikiran yang positif sehingga semua program dan kegiatan pembangunan daerah yang sedang dirancang mampu menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan agar penyusunan program kegiatan disesuaikan dengan kewenangan daerah dan program yang merupakan kewenangan Provinsi dan Pusat agar segera dikoordinasikan.

“Saya mengingatkan para kepala perangkat daerah agar dalam penyusunan program dan kegiatan disesuaikan dengan kewenangan daerah dan kegiatan yang menjadi kewenangan Provinsi dan Pusat supaya segera dikoordinasikan dengan Kementerian dan Lembaga terkait,”tegasnya.

Adapun tema RKPD Tahun 2023 yaitu “Pemulihan Ekonomi melalui Peningkatan Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia menuju Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju”. Tema pembangunan ini diharapkan menjadi acuan bagi perangkat daerah dan stakeholders dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan Tahun 2023 mendatang sehingga mampu menjawab isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias Barat. (Wardiy)