Musrenbang Di Kecamatan Bawolato Tahun 2023 Di Buka Bupati Nias

202

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Bawolato Tahun 2023, bertempat di Kantor Camat Bawolato, Kabupaten Nias, Rabu (1/2/2023).

Dalam rangka merumuskan dan menyempurnakan rencana kerja pemerintah daerah serta menyepakati secara bersama-sama prioritas dan kebutuhan yang berdampak luas ditengah-tengah masyarakat.

Sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang dijabarkan lebih lanjut pada Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017 pada Pasal 95 bahwa Musrenbang RKPD kabupaten/kota dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas, menyepakati serta merumuskan permasalahan dan prioritas pembangunan daerah.

Pelaksanaan Musrenbang merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui bersama dalam merumuskan dan menyempurnakan rencana kerja pemerintah daerah. Tahapan musrenbang di Kecamatan hari ini dilaksanakan setelah sebelumnya telah terlaksana Musrenbang di masing-masing desa.

Usulan dari masing-masing desa tersebut pada hari ini akan disepakati bersama yang mana yang menjadi prioritas dan menjadi kebutuhan yang berdampak luas ditengah-tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengajak seluruh hadirin mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat dan anugerah-Nya yang senantiasa menyertai kita sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini, dapat bertemu dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bawolato untuk penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Tahun 2024.

Tahun 2024 merupakan tahun ke-3 dalam periodisasi RPJMD Kabupaten Nias tahun 2021-2026 dimana pada tahun tersebut agenda pembangunan yang menjadi fokus pembangunan adalah “Transformasi Pelayanan Publik Menuju Masyarakat Kabupaten Nias Maju” ujar Bupati Nias.

Kabupaten Nias Maju merupakan salah satu agenda reformasi birokrasi di bidang penyelenggaraan pelayanan publik dimana memberikan Aparatur Sipil Negara diharapkan mampu pelayanan yang sebaik-baiknya, berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat, ringkas dan memanfaatkan inovasi di bidang teknologi informasi untuk menciptakan terobosan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Lebih lanjut Bupati Nias menegaskan bahwa yang menjadi fokus pembangunan di daerah adalah Peningkatan Kapasitas dan Akuntabilitas Kinerja Birokrasi sehingga mendorong peningkatan nilai Indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten Nias dari nilai 41,19 menjadi 60 di tahun 2024.

Disamping itu, untuk nilai SAKIP Pemerintah Kabupaten Nias dengan target setidak tidaknya mempertahankan nilai “B” serta mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan capaian penilaian dari nilai “B” menjadi “BB”.

Kemudian, untuk Indeks Kepuasan Masyarakat di atas 82% dan audit BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kita pertahankan di Opini WTP.

“Tahun 2024 Pemkab Nias berusaha untuk meningkatkan penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Kinerja, peningkatan manajemen dan kapasitas aparatur sipil dalam pelayanan publik, implementasi standar pelayanan publik dan standar pelayanan minimal dan penyediaan sarana teknologi informasi yang kredibel dan cepat di perangkat-perangkat daerah yang berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap masyarakat” ucap Bupati Nias.

Ia mengingatkan, pelaksanaan program pembangunan pada tahun 2024 akan memiliki tantangan tersendiri dalam mencapai target-target yang telah kita tentukan karena pada saat yang bersamaan akan menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Kepala Daerah secara langsung dimana hal ini akan memberikan efek pada pendanaan dan pembiayaan Program dan Kegiatan Prioritas di Kabupaten Nias.

Bupati Nias berharap agar dalam penentuan dan pengusulan kegiatan prioritas di tingkat kecamatan tetap memperhatikan manfaat dan dampak yang luas di tengah-tengah masyarakat mengingat keterbatasan pendanaan dan pembiayaan dikutip di Facebook Pemerintah Kabupaten Nias. (Wardiy)

 

Artikulli paraprakAsisten 3 Buka Secara Resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan Hiliduho Tahun 2023
Artikulli tjetërPemkab Nias Barat Ajak Masyarakat Agar Bijak Menyikapi Info, Berita yang Beredar di Medsos dan WAG