Musrenbag RPJMD Kabupaten Nias TA.2021-2026 Di Buka Bupati Nias

43

NIAS (Sumut) Ketikberita.com | Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M,Si membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 yang dilaksanakan di Gedung serba Guna Lantai III Kantor Bupati Nias, Rabu 25/08/2021).

Bupati Nias dalam sambutannya menyatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Nias pada hakekatnya merupakan upaya lebih lanjut penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 yang telah Kesepakatan Bersama DPRD Kabupaten Nias serta Konsultasi Rancangan Awal RPJMD oleh Bappeda Provinsi Sumatera Utara dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017.

Selain itu kita juga berharap agar dalam pelaksanaan musrenbang ini dapat mempertegas rumusan Rancangan RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 Secara umum rancangan RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 menggambarkan penjabaran visi dan misi daerah yaitu “TriSakti Nias Maju” dengan 3 poin yaitu, pertama Desa terakses, Ibu kota terurus. Kedua Kesehatan, Pendindikan dan Sumber Daya Manusia beranjak. Ketiga Petani, Peternak dan Nelayan Produktif.

Penjabaran visi dan misi tersebut selanjutnya dikembangkan melalui tujuan dan sasaran yang hendak diwujudkan, strategi dan arah kebijakan yang akan dilakukan, program pembangunan daerah dan indikator kinerja utama daerah yang akan diimplementasikan melalui rencana strategis (renstra) perangkat daerah,” ujar Bupati. (Wardi)