Musrembang Kecamatan Moroõ & Kecamatan Sirombu, Bupati Berpesan Utamakan Usulan Mendesak dan Prioritas

181

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat Faduhusi Daely S.Pd MM menyampaikan salam kepada para hadirin seraya menyampaikan Musrenbang ini adalah hari ke-6 dan tinggal dua Kecamatan lagi yakni Mandrehe Utara dan Ulu Moro’ö. Inilah cara kita melakukan penanjaman, mensinergikan, mensinkronkan dan mengklarifikasi setiap usulan yang bersifat mendesak dan skala prioritas, hal ini disampaikan Diskominfo Kabupaten Nias Barat melalui press rilis, Kamis (25/02/2021).

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan Sirombu TA. 2022 – bertempat Gereja BNKP Fabaliwa Kecamatan Sirombu yang turut dihadiri oleh Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö, Asisten, Staf Ahli, Kepala Bappeda Sabahati Gulö, S.Sos, Camat Sirombu Rosevelt Hia, S.Pd.,MM, Kapolsek Sirombu IPDA Osiduhugö Daeli, Danramil 09/Sirombu Kapten.Inf Aman Simbolon dan unsur Forkompika kecamatan Sirombu lainnya.

Hadir juga Anggota DPRD Nias Barat FATOHU HIA, A.Md, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Rohaniawan dan seluruh kepala sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se-Kecamatan Sirombu.

Lanjut, Musrenbang kali ini mari kita perhatikan pembangunan penguatan Infrastruktur dasar, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Akhirnya pada kesempatan ini kami menyampaikan permohonan maaf apabila selama kami memimpin Nias Barat ini (Bupati & Wakil Bupati Periode 2016-2021) ada banyak kekurangan dan kelemahan kami, terkadang kami kurang tanggap dan tidak sahutin manakala ada laporan-laporan dari masyarakat, juga hal lain yang membuat Bapak/Ibu kurang puas bahkan kecewa dalam kepemimpinan kami; semua itu disebabkan oleh keterbatasan yang ada, harap Bupati.

Pada Musrembang Kecamatan Moroõ bertempat di Aula Kantor Camat Moro’ö Bupati Nias Barat Faduhusi Daely S.Pd MM menyampaikan di Kecamatan Moro’ö ini memiliki potensi Sawah dan jenis pangan lokal lainnya, ditambah lagi karena secara politis kecamatan Moro’ö merupakan wilayah strategis karena berbatasan dengan wilayah Kabupatèn Nias Utara.

Hanya selama ini kita terlena dan tidak mau membangun potensi yang ada. Kita tidak mau menanam sayur-2an padahal lahan kita cukup subur, tetapi kita malah senang membelinya di pekan-pekan (pasar rakyat). Kebiasaan ini hendaknya kita sudahi dan mari kita memanfaatkan sumber daya yang ada, tutur Bupati.

Lebih lanjut, Sumber Daya Manusia di Kecamatan Moro’ ö ini cukup baik. Bupati ke-3 Nias Barat dari Kecamatan Moro’ö, Sekda Nias Barat Pertama dari Kecamatan Moro’ö dan Bupati Terpilih tahun 2020 kemarin dari Kecamatan Moro’ö serta beberapa Anggota DPRD yang semua ini potensi dan aset kita yang amat besar dan patut dibanggakan, Banyak juga potensi wisata di Nias Barat ini ada Bukit Zaitun di Mandrehe Utara, ada Bukit Hermon di Lahömi, ada Bukit Somömö di Lölögolu-Mandrehe dan ada Bukit Golgota di Sisobaöhö Kecamatan Mandrehe Barat, papar Bupati. (Wardiy)