Musik Tradisi Garapan Singkil, Memukau Perhatian Penonton PKA Ke-8 Aceh Singkil

142

BANDA ACEH (Aceh) ketikberita.com | Musik etnik tradisional Aceh Singkil, dengan tema “Kapur Barus” tampil sempurna di panggung lomba musik Garapan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke- 8 di panggung utama taman Safiatuddin, Banda Aceh. Senin (6/11/2023).

Dalam setiap penampilan musik garapan tradisi itu, penonton disajikan dengan suara-suara khas Aceh Singkil yang diiringi dengan alat musik sendiri.

Sehingga, yang membuat musik ini begitu istimewa, dan para pemusik dari Destanada II Aceh Singkil ini berhasil menggabungkan unsur-unsur tradisi atau eksperimental untuk menciptakan pengalaman mendalam dan menarik.

Rafliansyah, selaku koordinator musik tradisional Garapan Kabupaten Aceh Singkil mengatakan, memilih cerita ” Kapur Barus” sebagai tema musik yang diangkat dalam lomba musik Garapan kali ini, karena dinilai sesuai dengan tema PKA Ke-8. “Rempahkan Bumi Pulihkan Dunia”.

” Aceh Singkil yang kita kenal kaya akan Kamper, hal ini selaras dengan tema PKA tahun ini, ” sebut Rafliansyah. Senin (6/11/2023)

Alasan itulah yang memotivasi tim Destanada II, mengangkat dan menampilkan musik tradisi Garapan Aceh Singkil, karena bahan baku Kapur Barus terbuat dari Kamper.

Bahkan terang Rafliansyah, pada zaman dahulu sejarah mengatakan bahwa Kapur barus ini sempat menduduki perdagangan di tingkat internasional. Seperti pedagan dari Eropa, Arab Saudi, Cina. Serta pedagang lainya.

Lebih lanjut Rafliansyah menjelaskan, selain syair – syair Singkil yang di selipkan dalam penampilan tradisi musik garapan tersebut. Seperti Dendang Singkil, Sikambang, yang di iringi dengan dentuman rapa’i. Kemudian canang kayu, gendang dua bilah, gong, talam dan ayunan seruling Singkil dengan ritme yang diwarisi dari generasi ke generasi.

“Dalam memainkan musik dan syair, kita juga mengkemas dengan pola – pola permain rafa’i dan permainan vokal. Guna untuk menjadikan iringan musik menjadi lebih baik, ” tambahnya.

Sekedar diketahui, musik tradisi garapan yang dimainkan oleh tim Destanada II Aceh Singkil tersebut. Tercatat sebelumnya, pernah menjadi Juara 1 lomba musik Garapan pada PKA tahun 2018 silam.

Bahkan melalui event PKA Ke- 8 tahun ini, tim kontingen dari Kabupaten Aceh Singkil cabang perlombaan musik Garapan itu, berupaya semaksimal mungkin membawa kembali piala bergilir itu ke Kabupaten Aceh Singkil. (R8)