Musa Rajekshah : Jadikan Momentum Refleksi Perbaikan ke Depan

37

SIPIROK (Sumut) ketikberita.com | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Kompleks Kantor Bupati Tapsel, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, Selasa (24/11/2020).

Mengusung tema ‘Dengan Semangat Hari Jadi ke-70 Kita Rajut Kebersamaan Membangun Tapanuli Selatan Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera’, peringatan HUT dirangkai dengan penyerahan pertapakan Mess Provinsi Sumut di areal lebih dari 1,2 hektare, serta pemotongan nasi tumpeng.

Pembina Upacara Musa Rajekshah mengatakan, peringatan HUT ini sebagai rasa syukur atas pembangunan yang sudah terjadi. Pembangunan ini tentunya tidak terlepas dari kinerja kepala daerah, begitu juga stakeholders lainnya.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-70 untuk Kabupaten Tapanuli Selatan. Kita jadikan hari ini sebagai momentum untuk merefleksikan hal-hal baik yang perlu dipertahankan dan hal-hal yang harus segera diperbaiki,” ujar Musa Rajekshah.

Kabupaten Tapsel, lanjut Musa Rajekshah, memiliki potensi yang luar biasa. Tuhan menitipkan pemandangan alam yang begitu indah di Tapsel ini.

“Mari sama-sama kita jaga. Seperti tema HUT hari ini ‘Membangun Tapanuli Selatan Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera’. Mari bersama dan bersatu membangun Sumut Bermartabat. Kita maksimalkan potensi luar biasa yang diberikan Tuhan di Sumatera Utara ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga suasana kondusif dan tertib menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

“Gunakan hak pilih Anda, coblos Pasangan Kepala Daerah yang mengerti rakyat dan menjadi pilihan hati nurani bapak ibu sekalian,” tambahnya.

Selain itu, jaga kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, khususnya Sumut. Hingga 23 November, katanya, tercatat 14.988 penderita positif, dimana pasien sembuh mencapai 12.369 orang dan 595 di antaranya meninggal dunia. Untuk itu, Wagub mengajak seluruh lapisan masyarakat menerapkan 3 M dalam kehidupan sehari-hari yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun.

“Alhamdulillah, penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Utara berjalan baik. Satuan tugas (Satgas) melaksanakan kinerjanya secara maksimal. Tercatat angka kesembuhan di Sumatera Utara mencapai 82,45%. Naik 0,61 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Dan kita terus berupaya mengejar angka kesembuhan rata-rata nasional diangka 84%,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk kedatangan Wagub Sumut Musa Rajekshah dan para tamu undangan lainnya dalam peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Tapsel.

“Hari ini kami berbahagia dan bersyukur karena masih diberikan kesehatan. Mari sama-sama kita terapkan protokol kesehatan khususnya di pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia,” jelasnya.

Tapsel telah melahirkan 3 kabupaten dan 1 kota. Pada tahun 1998 Tapsel melahirkan Kabupaten Mandailing Natal, selanjutnya tahun 2001, Tapsel melahirkan Kota Padangsidimpuan. Pada tahun 2007, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Kabupaten Padang Lawas.

“Dalam kurun waktu 3 bulan ke depan, saya akan mengakhiri masa jabatan saya setelah 2 periode menjabat sebagai Bupati. Dapat saya laporkan kepada Pak Wakil Gubernur banyak sudah pembangunan yang kami lakukan meskipun diakui masih ada juga kekurangan. Namun kami yakin masa jabatan kami sudah dilakukan secara maksimal,” ucapnya.

Salah satunya adalah pembangunan kompleks perkantoran Bupati Tapsel yang dilakukan secara terintegrasi. Seluruh kantor OPD, kantor DPRD dibangun di lahan seluas 271 hektare ini.

“Dalam kurun waktu 6 tahun berturut-turut, kita juga mendapatkan WTP dari BPK atas laporan pertanggungjawaban kita. Dan dalam waktu dekat kita juga akan menerima penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Kedatangan Wagub Musa Rajekshah disambut dengan meriah oleh para tokoh adat dan masyarakat, serta disematkan Ulos Batak sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan.

Turut hadir Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar Nasution dan Irham Buana Nasution, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Wakil Bupati Tapsel dan unsur Forkopimda, tokoh adat, tokoh masyarakat, ormas dan masyarakat. (er)