MoRA-LPDP Victoria Australia, UMT & Kantor Bahasa Banten Gelar Sayembara Cerpen dan Puisi Tingkat Internasional

309

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Momentum Bulan Bahasa, MoRA Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Victoria Australia dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) bekerjasama dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten menggelar Sayembara Penulisan Cerita Pendek (Cerpen) dan Puisi tingkat Internasional.

Sayembara itu berlangsung sejak awal September 2022 hingga malam puncaknya yang digelar di Plaza Kampus UMT, Minggu (30/10/2022). Pada malam itu juga berlangsung pengumuman pemenang sayembara tersebut.

Informasi diperoleh sedikitnya 302 peserta mengikuti sayembara yang menyasar para mahasiswa dalam dan luar negeri, pemerhati bahasa bereputasi nasional/internasional, dan diaspora Indonesia di mancanegara.

Adapun dewan juri dalam sayembara ini tidak tanggung-tanggung, ada empat sastrawan terkenal Indonesia yang sudah bereputasi internasional yang menjadi dewan juri, yaitu Putu Wijaya, Helvy Tiana Rose, Zen Hae, dan Hanna Fransisca.

Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, Dr Achmad Amarullah ketika diwawancara wartawan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan sayembara yang bertujuan meningkatkan daya literasi menulis kreatif dan menginternasionalkan bahasa Indonesia melalui lomba tersebut.

Amarullah menambahkan, dari hasil penilaian dewan juri yang begitu ketat akhirnya keluar sebagai 10 pemenang terbaik untuk Cerpen dan 10 terbaik untuk puisi.

“Setiap pemanang masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar USD 250, sertifikat dan plakat dari penyelenggara,” ujarnya. (Mir)