Minimalisir KDRT, Kader Aisyiyah di Banten Ikuti Pelatihan Paralegal

288

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Guna membantu menekan persoalan hukum salah satunya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), para kader Aisyiyah Banten mengikuti pelatihan paralegal.

Pelatihan paralegal yang diinisiasi Pengurus Pimpinan Wilayah Aisyiyah Banten tersebut berlangsung di Aula Jendral Sudirman, Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Sabtu (22/10/2022).

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Rektor UMT Achmad Amarullah ini, bertema meningkatkan kualitas anggota dalam menangani perkara hukum. Sebanyak 106 kader Muhammadiyah yang didominasi dari Aisyiyah Banten mendapatkan pelatihan paralegal dari narasumber yang kompeten di bidang hukum.

“Kegiatan pelatihan paralegal ini untuk ibu-ibu Aisyiyah. Jadi, diberikan pemahaman, pengertian, pembelajaran, bagaimana menjadi paralegal yang mengerti tentang masalah-masalah kaitan hukum untuk membantu masyarakat atau warga Aisyiyah yang punya masalah, baik keluarga maupun masyarakat,” ujar Rosyati, Ketua Majelis Hukum dan HAM Pengurus Aisyiyah Banten.

Rosyati mengatakan, saat ini cukup banyak kasus KDRT maupun kekerasan anak dan kekerasan perempuan. Menurut data dari KemenPPPA, hingga Oktober 2022, sudah ada 18.261 kasus KDRT di seluruh Indonesia, sebanyak 79,5% atau 16.745 korban adalah perempuan.

“Sekarang kan banyak kasus KDRT. Ada yang sampai dengan melukai, ada juga sampai viral. Jadi, kita harus bergerak, harus melakukan, membantu mereka, jadi ibu-ibu Aisyiyah dibekali paralegal,” ungkap Rosyati.

Melalui pelatihan paralegal ini, kata Rosyati, diharapkan para kader Muhammadiyah dari Aisyiyah di Banten bisa mampu mengambil peran dalam meminimalisir persoalan-persoalan hukum terutama kasus KDRT maupun kekerasan pada anak atau perempuan.

“Diharapkan bisa mendampingi masyarakat yang punya masalah, misalkan KDRT gimana ini jangan sampai terjadi perceraian, kalau berkelahi didampingi, jangan sampai bercerai. Kalau semua orang baikan, maka dunia jadi damai,” pungkasnya. (Mir)

—————