Marzuki Hamid dan Hady Wijaya Apresiasi Kelompok Budidaya Perikanan Sayonara

114

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Wakil Walikota Langsa, Dr.H.Marzuki Hamid, MM dan Camat Langsa Barat Hady Wijaya S.STP, M.SP beserta Muspika Langsa Barat mengapresiasi kelompok Budidaya Perikanan Sayonara, di Gampong Paya Bujok Teungoh yang sukses melakukan panen perdana pengembangbiakan udang vaname dengan sistem bioflok di Gampong Seuriget, Kecamatan Langsa Barat, Rabu (24/3/2021).

Penangkaran udang vaname dengan sistem bioflok ini sangat efesien dan tidak membutuhkan area yang luas. Artinya peluang ini dapat diikuti oleh masyarakat lainnya, tanpa harus memikirkan adanya tambak, karena bisa dibuat di halaman rumah masing-masing.

“Saya juga berharap kegiatan seperti bisa berlanjut terus di masa yang akan datang sehingga dapat berkembang lagi secara luas ke kelompok-kelompok budidaya perikanan sayonara dengan sistem bioflok lainnya di Kota Langsa sehingga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya sebagai solusi untuk membangkitkan ekonomi di masa Covid-19,”kata Marzuki.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Cabang Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Langsa atas Komitmen memajukan Perekonomian Rakyat, salah satunya dengan kegiatan pengembangbiakan udang vaname dengan sistem bioflok ini.

Ia juga mengingatkan kepada pengusaha budidaya Perikanan udang vaname ini bahwa kegiatan seperti ini nantinya tentu ada siklus naik turun, oleh karena itu diperlukan kecermatan,selalu mengembangkan diri serta ulet. Pihak Bank Indonesia cabang Lhokseumawe bekerja sama dengan Pemerintah Kota Langsa siap membantu pengembangan kegiatan seperti ini di Kota Langsa dalam rangka memajukan Perekonomian rakyat, tandas Yukon.

Sementara itu Ketua Kelompok Sayonara, Muhammad Isa menyebutkan, untuk menjaga ketahanan ekonomi selama Covid-19 ini, Kelompok Budidaya Perikanan Sayonara, telah mengembangkan 7 unit bioflok penangkaran udang vaname. Selama ini kelompok ini melakukan perawatan secara itensif untuk menjaga keseimbangan masa pertumbuhan udang hingga mencapai waktu panen.

Sejauh ini usaha pertanian udang vaname dengan sistem bioflok berjalan lancar, dalam rentang waktu 84 hari dari pembibitan, udang sudah bisa dipanen. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah Kota Langsa yang telah mendukung program pengembangan ekonomi kelompok tani tambak ini dan semua pihak.

“Alhamdulillah, kesuksesan kelompok ini dalam melakukan pengembangan usaha udang vaname dengan sistem bioflok, tidak terlepas dari dorongan dan dukungan semua pihak,”jelas M.Isa.

Turut hadir saat panen tersebut, Wakil Wali Kota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid, MM, Sekretaris Dinas Koperasi dan Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Langsa Samsul Bahri, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Lhokseumawe Yukon Afrinaldo, Camat Langsa Barat Hady Wijaya, S.STP, M.SP, Kapolsek Langsa Barat Iptu Mulyadi, Danramil Langsa Barat, Muspika Langsa Barat, Akademisi, Geuchik setempat, perangkat Gampong setempat, masyarakat setempat dan tamu lainnya. (AA)