Marzuki Hamid Buka Kemah Budaya Tahun 2021

128

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM, membuka Kemah Budaya tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Langsa, bertempat di halaman gedung Museum kota Langsa, Kamis (12/8/2021).

Wakil Walikota Langsa, Dr.H.Marzuki Hamid.MM, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini bahkan menurutnya kemah budaya adalah suatu kegiatan yang harus dilestarikan dan didukung serta dikembangkan di dalam masyarakat.

“Kami atas nama pemerintah kota Langsa menyambut gembira senang hati melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Langsa bersama dengan jalannya, di mana ingin mengangkat kembali adat istiadat dan budaya Aceh yang selama ini sudah memudar di tengah-tengah masyarakat,” kata H.Marzuki Hamid.MM.

Lanjut Marzuki, kota langsa yang masyarakatnya majemuk merupakan anugerah dari Tuhan, siapa saja yang berdomisili dan ber-KTP Aceh dialah orang Aceh, katanya, baik itu suku Jawa, Batak, Padang, Cina dan lain sebagainya. “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung di manapun kita berada kita harus mengambil adat istiadat di mana kita berada.

Pelestarian budaya di kota Langsa salah satunya dengan menghidupkan museum Kota Langsa, banyak barang-barang peninggalan zaman yang akan menjadi edukasi sejarah bagi masyarakat lokal, nasional maupun internasional, ujar Wakil Walikota.

Dr.H.Marzuki Hamid.MM, juga mengajak kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota Langsa untuk memprogramkan kegiatan-kegiatan yang berbasis pengembangan dan pelestarian nilai budaya Aceh di tengah-tengah masyarakat baik di sekolah maupun di lembaga-lembaga masyarakat, jelas Wakil Walikota.

Sementara itu ebudayaan (Disdikbud) Dra. Suhartini, M.Pd atau sering di sapa Ibu Titin menambahkan kegiatan kemah budaya dilaksanakan untuk melestarikan budaya dengan membangun kearifan lokal kreativitas seni dan budaya. Selain itu, ada beberapa perlombaan ditampilkan pada kegiatan tersebut diantaranya lomba kuliner khas Aceh dan lomba pionering,

“Diharapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba agar mengikutinya dengan tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan,”imbuh Dra. Suhartini. (AA)