Maksimalkan Capaian Imunisasi Polio, Puskesmas Glugur Kota Buka Layanan di Deli Park Mall

204

MEDAN ketikberita.com | Dinas Kesehatan Medan melalui Puskesmas Glugur Kota membuka layanan imuninasi polio di pusat perbelanjaan Deli Park Mall, Minggu (19/2). Aksi jemput bola yang dilakukan pukul 11.00 sampai 15.00 WIB ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian imunisasi polio di Kota Medan.

Aksi jemput bola imunisasi polio ini menarik perhatian pengunjung. Tidak sedikit warga memanfaatkan layanan yang dibuka di lantai dasar pusat perbelanjaan itu. Ada yang langsung meminta layanan imunisasi bagi anaknya, ada pula yang didahului dengan berkonsultasi. Semua dilayani petugas dengan penuh keramahan.

Ungkapan terima kasih pun disampaikan warga kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution. Menurut mereka, layanan ini membantu warga yang tidak sempat ke Posyandu untuk mengimunisasi anak mereka.

Adalah pasangan suami-istri muda, Zulastumi dan Shara, warga Medan Johor memanfaatkan layanan imunisasi ini. Mereka merupakan yang pertama mengimunisasi kedua anaknya Azuni Zulastumi (4 tahun) dan Hilja Zulastumi (3 bulan), di posko yang dibuka Puskesmas Glugur Kota tersebut.

Zulastumi dan Shara mengaku sangat terbantu dengan program ini. Layanan imunisasi di pusat perbelajaan ini membuat mereka yang tidak sempat ke Posyandu jadi bisa mengimunisasi kedua buah hatinya.

“Terima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Ini sangat membantu kami yang tak sempat ke posyandu. Jadi sambil ngemal, kami bisa juga mengimunisasi anak kami. Terima kasih, Pak Bobby,” ujar Shara.

Kepala Puskesmas Glugur Kota, drg. Toji Hamonangan Nasution, di sela-sela kegiatan itu menyebutkan, pos imunisasi polio ini mempunyai sasaran anak usia 0 – 59 bulan.

“Kegiatan ini berlangsung tiga hari. Mulai Minggu 19 Februasi sampai Selasa 21 Februari. Kita buka pos ini mulai pukul 11.00 sampai 15.00 WIB,” sebutnya.

Selain itu, selama sepekan mulai Senin (19/2), pihaknya juga akan melaksanakan penyisiran di wilayah Kelurahan Kesawan dan Silalas. Diharapkan dengan adanya penyisiran ini seluruh sasaran di wilayah kerja Puskesmas Glugur Kota dapat tercapai dengan maksimal.

“Nanti setelah penyisiran akan kita lihat hasilnya. Kalau memang masih belum dapat target yang maksimal, mungkin akan dilakukan gelombang kedua PIN Polio,” sebut.

Dia menerangkan, sejak pencanangan Sub PIN Polio 13 Februari lalu oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, sampai 18 Februari capaian imunisasi polio Puskesmas Glugur Kota sebesar 37,36 persen.

“Sasaran Puskesmas Glugur Kota yang mempunyai wilayah kerja Kelurahan Silalas dan Kesawan ini sebanyak 870 anak. Jumlah sasaran yang telah tercapai sebanyak 325 anak, terdiri dari 161 anak lelaki dan 164 anak perempuan,” sebutnya seraya berharap capaian imunisasi polio di wilayah kerjanya maksimal. (er)