Mahasiswa Fakultas Teknik Ikuti Kegiatan Footbrige Desig Competition

73

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Samudra menggelar kegiatan Footbrige Desig Competition 2021 yang bertemakan “Jembatan Penjalan Kaki Yang Kokoh, Estetika, Inovatif yang Berwawasan Nasional” . Acara ini berlangsung sukses dibawah penerapan Protokol Kesehatan mengambil tempat Aula Gedung Sebaguna Kampus setempat, Senin (5/7/2021).

Dr H.Bachtiar Akob, M.Pd dalam sambutan memaparkan, kegiatan Gelar Karya Mahasiswa sesuai dengan tema, “Jembatan Penjalan Kaki Yang Kokoh, Estetika, Inovatif Yang Berwawasan Nasional, maka dituntut kepada para mahasiswa agar mampu melahirkan ide-ide dalam mendesaind karyanya sehingga dapat menghasilkan nilai yang baik.

Lanjut Rektor, misalnya pada pembangunan jembatan, pada pekerjaan ini tentu membutuhkan pertimbangan dari segi teknis dengan metode konstruksinya. Oleh karena itu mahasiswa sebagai insan pelaksana Tri Darma Perguruan Tinggi diharapkan tidak hanya mengedepankan teori, namun juga harus dilengkapi dengan aplikasi dan implementasi langsung.

Salah satunya, pengaplikasian secara langsung adalah dengan mengikuti kompetisi dan atau mengadakan kompetisi guna menciptakan mahasiswa yang mampu bersaing secara global dan dapat terus mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam berbagai kompetisi, imbuhnya.

Lebih lanjut Rektor Bachtiar Akob menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut sangat diperlukan partisipasi yang sangat baik dari mahasiswa khususnya Teknik Sipil. Dengan adanya Kompetisi Jembatan (Bridge Design Competition) ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta menciptakan mahasiswa jurusan teknik sipil yang berkualitas, jelas Rektor.

Kegiatan Footbridge Design Competition 2021 perdana yang diselenggarakan Universitas Samudra (Unsam) tersebut dilaksanakan oleh Biro Rektorat Universitas Samudra bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Teknik, kegiatan ini diikuti oleh 6 Tim hasil seleksi dari 11 tim pada sebelumnya.

Kompetisi Desain Jembatan yang dilaksanakan Universitas Samudra, “Rabiul Sadri, bertindak sebagai ketua panitia dengan menghadirkan para juri yang berkompenten di bidangnya yaitu dari unsur akademisi melibatkan Dr. Ir. Taufiq Saidi, M, Eng, IPU, Meliandy Purwandito, ST, MT, dan dari unsur teknik dinas menghadirkan Syamsul Bahri, ST.M, Si Kabid Bina Marga Dinas PUPR Langsa. (AA)