Luncurkan BI-FAST, Gubernur BI : Percepat Digitalisasi Ekonomi Keuangan Nasional

300

JAKARTA ketikberita.com | Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan BI-FAST sebagai salahsatu implementasi dari visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang merupakan bentuk transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata, serta mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Pengembangan BI-FAST adalah tonggak penting reformasi digitalisasi sistem pembayaran nasional sebagai implementasi BSPI 2025 bersama QRIS, SNAP dan reformasi regulasi sistem pembayaran. BI-FAST merupakan inisiatif nasional (national driven) untuk menciptakan infrastruktur SP ritel yang lebih efisien, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi ekonomi dan keuangan yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal, yang memperkuat konsolidasi industri SP nasional dan membangun ekonomi-keuangan digital yang integrated, interoperable dan interconnected dan membentuk unicorn-unicorn nasional yang tangguh, “terang Perry Warjiyo saat meluncurkan Bank Indonesia Fast Payment (BI-FAST) secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Dalam peluncuran BI-FAST dengan mengangkat tema Transformasi Digital Sistem Pembayaran untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi Negeri tersebut, Perry Warjiyo juga berharap peluncuran BI-FAST akan mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional, mengintegrasikan ekosistem industri sistem pembayaran secara end-to-end dari perbankan digital, fintech, e-commerce, dan konsumen, mendorong inklusi ekonomi keuangan, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional. (r/er)