Lepas Relawan Sumut Mengajar, Ketua GPMB Sumut Berharap Minat Baca Terus Meningkat

110

MEDAN ketikberita.com | Ketua Tim Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berharap minat baca masyarakat terus meningkat. Program Sumut mengajar diharapkan menjadi motor peningkatan minat baca di daerah.

Hal ini diungkapkan Nawal Lubis saat melepas keberangkatan 217 Relawan Sumut Mengajar kelompok ke-14 di Aula Tengku Rizal Nurdin (TRN), Jalan Sudirman Nomor 41, Medan. Dia berharap program ini bisa meningkatkan secara signifikan minat baca masyarakat.

“Program ini harus mampu menjadi pendorong masyarakat untuk membaca, karena membaca sangat besar kegunaannya, menerima informasi baru, meningkatkan kemampuan komunikasi dan lainnya,” kata Nawal Lubis, Senin (17/7).

Perkembangan teknologi saat ini, menurut Nawal Lubis, harusnya mendorong kebiasaan membaca masyarakat. Sayangnya, yang terjadi saat ini malah sebaliknya, dunia digital menurunkan minat baca.

“Teknologi saat ini harusnya mempermudah kita membaca, di mana-mana kita bisa membaca, begitu juga dengan ketersediaan bahan bacaan, sayangnya ini malah sebaliknya orang lebih memilih menonton video, padahal membaca fungsinya besar,” kata Nawal Lubis.

Selama bertugas, relawan juga akan menyelenggarakan Festival Anak Indonesia Sumut di tiga kabupaten yaitu Batubara, Tapanuli Tengah dan Tanjungbalai. Nawal Lubis berharap, kegiatan ini memicu semangat anak-anak untuk giat membaca.

“Anak-anak kita yang perlu kita dorong untuk giat membaca, lewat kegiatan lomba, festival seperti ini kita ingin anak-anak senang dengan membaca dan akhirnya menjadi kebiasaan,” kata Nawal Lubis.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan, agar relawan bekerja secara tulus di Kabupaten Batubara, Tapanuli Tengah dan Tanjungbalai. Selain itu juga, dia berharap relawan mau berbagi informasi dan inovatif saat berinteraksi dengan masyarakat.

“Daerah yang teman-teman datangi tentu karakternya berbeda, teman-teman perlu inovatif dalam menghadapi masyarakat,” kata Ilyas.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Kominfo Sumut juga memberikan tablet kepada Relawan Sumut Mengajar kali ini. Diharapkan tablet tersebut mampu mendorong pekerjaan relawan saat berinteraksi dengan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan tablet ini bisa menunjang kegiatan teman-teman relawan di daerah,” kata Ilyas.

Hadir pada pelepasan Relawan Sumut Mengajar kelompok ke-14 kali ini antara lain pengurus GPMB serta relawan. Hadir juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti serta OPD terkait lainnya. (red)