Lebih dari 800 Pelajar Ikuti Pajak Bertutur Sumut I

130
Pajak Bertutur di SD Negeri 101864 Gunung Rintih.

MEDAN ketikberita.com | Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungannya menggelar Pajak Bertutur 2023 dengan mengusung tema “Sadar Pajak, Bukti Peduli Pada Negeri” secara serentak di 11 sekolah Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang (Kamis, 27/7).

Pajak Bertutur merupakan kegiatan mengajar tentang kesadaran pajak kepada generasi muda sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi dengan tujuan untuk membentuk generasi cerdas dan sadar pajak. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan rutin setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Pajak yang jatuh pada tanggal 14 Juli. Tahun 2023 ini, Pajak Bertutur telah memasuki tahun ketujuh dalam pelaksanaannya.

Kanwil DJP Sumut I kali ini melaksanakan Pajak Bertutur di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Medan. Kegiatan edukasi tersebut diikuti oleh 72 pelajar perwakilan setiap kelas. Pajak Bertutur dikemas secara ringan yang diisi dengan pemaparan materi dan permainan interaktif.

“82% sumber pendapatan negara pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berasal dari pajak. Hal itu bagaikan kandungan air pada tubuh manusia, apabila sedikit saja berkurang maka akan menimbulkan gangguan-gangguan pada organ vital. Begitu pula dengan peran pajak pada negara ini”, ujar Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Sumatera Utara I Nazri Syafitry Nazar.

Pada pemaparan materi tersebut, Nazri Syafitry Nazar juga menyampaikan bahwa para pelajar saat ini merupakan calon generasi emas, 20 sampai dengan 25 tahun lagi akan berada di usia produktif dan diproyeksikan mendominasi 60% dari proyeksi jumlah penduduk Indonesia di masa depan (297 juta), maka dari itu penting bagi generasi muda untuk memahami peran penting dan memiliki kesadaran pajak sejak dini.

Selain di SMAN 1 Medan, Pajak Bertutur turut dilaksanakan 9 KPP lingkungan Kanwil DJP Sumut I di 10 sekolah lainnya, yaitu:

No. Unit Kerja Lokasi Pajak Bertutur Jumlah Peserta
1. KPP Madya Medan SMK Negeri 10 Medan 98 pelajar
2. KPP Madya Dua Medan MAN 1 Medan 50 pelajar
3. KPP Pratama Medan Polonia SD Negeri 060902 Mangkubumi 47 pelajar
SMAS Harapan Mandiri 44 pelajar
4. KPP Pratama Medan Timur SMK Negeri 1 Medan 70 pelajar
5. KPP Pratama Medan Petisah SMA Negeri 12 Medan 53 pelajar
6. KPP Pratama Medan Barat SMP Negeri 1 Medan 50 pelajar
7. KPP Pratama Medan Belawan SMP Negeri 5 Medan 110 pelajar
8. KPP Pratama Lubuk Pakam SD Negeri 101864 Gunung Rintih 136 pelajar
9. KPP Pratama Binjai SMA Negeri 2 Binjai 79 pelajar

Sementara itu, Pajak Bertutur secara nasional diikuti oleh 23.448 peserta dari 453 sekolah dan perguruan tinggi yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Lebih rinci, Pajak Bertutur hadir di 60 SD/MI/Sederajat, 100 SMP/MTS/sederajat, 262 SMA/SMK/MA/sederajat, 20 Perguruan Tinggi, dan 1 Sekolah Luar Biasa (SLB).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 34 Kanwil DJP, 352 KPP, dan 204 Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di seluruh Indonesia secara serentak. (red)